Pedagang Pasar Cendrawasih Pertanyaan Bantuan Pemkot

img
Puing kios di Pasar Cenderawasih Kota Metro yang terbakar bebeapa waktu lalu. Foto. Pie.

Harianmomentum.com--Pedagang korban kebakaran Pasar Cendrawasih menerima bantuan material dari Pemerintah Kota (Pemkot) Metro.


"Baru sampai siang ini. Ada sekitar empat kubik kayu lah yang diberikan. Katanya nanti ada material lain menyusul," terang Ketua Himpunan Pedagang Kaki Lima Metro (HPKLM) Aswan Syairulloh, Rabu (25/4/2018).


Namun demikian, dia mempertanyakan bantuan kepada pedagang yang telah lebih dulu mendirikan kios. Empat kubik kayu diperuntukkan bagi pedagang yang belum membangun.


"Ini yang dipertanyakan teman-teman yang sudah bangun itu gimana nasibnya. Apa ada bantuan dalam bentuk lain. Kalau yang sudah bangun itu sekitar 41 kios, yang belum ada 64 plus 19 di sebalah sana," ungkapnya.


Pasalnya, terus Azwan, saat kebakaran tempo hari, pendataan sudah dilakukan pemerintah. Dan menyatakan akan memberi bantuan kepada seluruh korban. Namun ternyata, untuk pedagang yang sudah bangun tidak diberikan.


"Itu bahasa yang keluar tadi. Jadi bantuan cuma untuk yang belum bangun saja. Katanya begitu. Tapi pas pendataan, semua didata. Kita pertanyakan itu saja. Saya sudah bangun duluan. Sekitar Rp8 juta saya habis," terangnya.


Hal senada diungkapkan Yanto, pedagang akseoris yang telah lebih dulu membangun kios. "Kita pakai uang sendiri. Ngutang lagi. Habis mau gimana. Sekitar Rp10 juta. Itu makanya kita tanya, ada enggak kompensasi buat yang sudah bangun," imbuhnya.


Sementara Dinas PU dan Dinas Perdagangan sebagai leading sector, enggan mengeluarkan pernyataan terkait pertanyaan para pedagang soal bantuan bagi mereka yang telah membangun saat dikonfirmasi awak media.(pie)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos