Dukung Asean Games, Landasan Bandara

img
Ilustrasi surfing. Foto: Google

Harianmomentum--Dinas Perhubungan (Dishub) Provinsi Lampung mengajukan penambahan panjang landasan Bandar Udara (Bandara) Muhammad Taufiq Kiemas Krui Kabupaten Pesisir Barat guna mendukung pelaksanaan Asean Games cabang Surfing atau Selancar.

 

"Kita masih menunggu apakah bisa diakomodir dengan revisi APBN tahun ini atau tahun depan, saya belum konfirmasi lagi," ujar Kepala Dishub Provinsi Lampung Qudratul Ikhwan di ruang kerjanya, Selasa (25/4).

 

Menurut diam penambahan panjang landasan tersebut diajukan guna meningkatkan pelayanan penerbangan dari pesawat perintis menjadi pesawat ATR. Pesawat ATR adalah pesawat penumpang regional jarak pendek bermesin twin-turboprop.

 

Hal tersebut perlu dilakukan, mengingat tingginya minat masyarakat untuk menggunakan moda transportasi tersebut menuju Kabupaten Pesisir Barat.

 

Dia berharap rencana itu dapat segera terealisasi karena dapat mendukung pengembangan potensi wisata yang dimiliki Pesisir Barat. Ia juga mengatakan, hal tersebut dapat mendukung terlaksananya "venue surfing" Asean Games yang rencananya diadakan di Tanjung Setia, Pesisir Barat 2018 mendatang.

 

"Kalau informasi dari Sesdirjen. Pak Menteri sudah memerintahkan untuk segera direalisasikan tahun ini menggunakan APBN Perubahan, sehingga kita harapkan tahun depan sudah bisa melayani pesawat ATR," jelasnya.

 

Sebelumnya, Bandara Taufiq Kiemas cukup menjadi prioritas Pemprov Lampung karena dapat membuka akses konektivitas ke Pesisir Barat dalam rangka menunjang akselerasi Pariwisata di Pesisir Barat yang menjadi tulang punggung kabupaten tersebut.

 

Keberadaan Bandara Taufik Kiemas dapat mempersingkat waktu tempuh perjalanan menuju Pesisir Barat yang jika dengan kendaraan memakan waktu 5-6 jam, maka jika pesawat waktu tempuh hanya sekitar 1 jam.(Ira)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos