Kendaraan Diarahkan Masuk Pintu Tol Bakauheni

img
Manajer Teknik PT Waskita Karya, Marsesa Edward. Foto. Ira.

Harianmomentum.com--Menjelang mudik lebaran 2018, kendaraan ke Provinsi Lampung dari Bakauheni akan diarahkan masuk pintu Jalan Tol Trans Sumatera, menuju arah Sabahbalau dengan penggunaan satu ruas badan jalan tol.

 

Manajer Teknik PT Waskita Karya, Marsesa Edward menjelaskan, sistem satu arah atau jalur ini diterapkan hanya saat arus mudik dan arus balik lebaran.

 

“Jadi yang difungsikan hanya satu badan jalan di jalur kiri tol, namun akan kita beri sandaran. Dengan demikian, arus kendaraan yang masuk nanti bisa terpecah. Jadi yang mau menuju ke jalur atas satu arah, dan pulang ke jalur bawah (Bakauheni) juga satu arah,” ujar Marsesa saat ditemui di Gedung DPRD Lampung, Senin (28/5).

 

Selain itu, untuk menghindari kemacetan di Kota Metro, pihaknya telah membuatkan jalur alternatif keluar pintu tol, lalu untuk mengurai kemacetan di Bandarjaya (Lampung Tengah) bisa melewati Simpang Susun, Gunungsugih II, keluar di Simpang Susun, Terbanggibesar.

 

Untuk penggunaan jalur tol pada malam hari, kata Marsesa, Ditlantas yang lebih mengetahui karena belum uji keamanan dan segala macam pendukungnya. Kendati demikian, pihaknya mengaku akan ikut melakukan pengujian ruas jalan di tanggal 7 dan 8 Juni 2018 mendatang.

 

“Nah, nanti baru bisa ketahuan, apakah sudah layak untuk dipergunakan pada malam hari atau belum. Pasalnya, masih banyak perlintasan yang sebidang,” kata dia.

 

Perihal target penyelesaian, Marsesa mengaku, untuk persoalan tanah sudah 100 persen selesai. Hanya saja ada tambahan lahan yang harus dibebaskan sesuai dengan penlok yang direvisi.

 

“Mungkin setelah Hari Raya Idul Fitri ada pembebasan tambahan lahan. Mengingat dibeberapa titik perlu dilakukan penimbunan tanah agar sedikit tinggi. Insya Allah, target di bulan September atau Agustus sudah selesai, hanya tinggal rigid aspal, jadi kalau kami mau lakukan pengecoran sudah tidak terkendala cuaca lagi,” jelas Marsesa. (ira)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos