Polda Kerahkan 4.792 Personel

img
Kapolda Irjen Suntana bersama Pjs Gubernur Lampung meninjau kesiapan personil gabungan pengamanan dalam operasi ketupat tahun 2018, di lapangan Korpri, kemarin. Foto: ist.

Harianmomentum.com-- Kepolisian Daerah (Polda) Lampung mengerahkan sebanyak 4.792 personel gabungan pada Operasi Ketupat Krakatau 2018. 


Mereka akan ditempatkan pada titik-titik tertentu selama arus mudik dan balik, Idul Fitri 1439 Hijriyah.


Hal itu dikatakan oleh Kapolda Lampung Irjen Pol Suntana saat Apel Gelar Pasukan Operasi Ketupat Krakatau di Lapangan Korpri, kompleks pemerintah provinsi setempat, Rabu (6/6/18).

 

“Pasukan yang di kerahkan dari Polda Lampung sebanyak 156 personel, Polres dan jajaran sebanyak 2.248 personel, dan instansi terkait sebanyak 2.338 personel, jadi totalnya 4.792 personel," kata Kapolda.

 

Nantinya, sambung kapolda, para personel akan ditempatkan pada lokasi yang dianggap rawan dan butuh penjagaan intensif.

 

"Mereka akan disebar pada 46 pos pengamanan, 16 pos pelayanan, 19 pos pantau, dan satu pos terpadu,” jelasnya.


Pos-pos tersebut, sambung kapolda, ada yang terletak di titik-titik keramaian saat mudik seperti bandara, stasiun, pelabuhan, dan terminal.


“Dijalur-jalur tertentu juga kita siapkan pos penjagaan. Personel juga saya perintahkan menjaga rumah-rumah penduduk serta pertokoan yang kosong ditinggal mudik oleh penghuninya,” terangnya.

 

Menurut kapolda, operasi Ketupat merupakan operasi kepolisian terpusat yang dilaksanakan serentak di seluruh Indonesia.

 

"Berdasar jadwal, Operasi Ketupat berlangsung selama 18 hari, yakni 7-24 Juni mendatang," ujarnya

 

Kapolda menerangkan, selain kelancaran dan keselamatan arus mudik dan arus balik, ada empat hal yang saat ini wajib menjadi perhatian dari anggotanya.  


“Keempatnya yakni stabilitas harga dan ketersediaan bahan pangan, potensi bencana alam serta gangguan kamtibmas, juga ancaman terorisme,” jelasnya.


Kapolda mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk senantiasa berhati-hati saat mudik lebaran. Juga mengantisipasi kediamannya dari tindak kriminalitas saat ditinggal mudik

 

“Kami juga mengimbau seluruh jajaran agar dapat mewaspadai tiap sektor kerawanan dan berbagai kemungkinan yang dapat menimbulkan keresahan masyarakat,” imbaunya. (acw)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos