Unggul Versi C1 Pilgub Lampung, Arinal-Nunik Mulai Disambati Petani

img
Halal bihalal di kediaman Cagub Arinal Djunaidi.

Harianmomentum.com--Unggul versi c1 atau formulir perhitungan suara per-tempat pemungutan suara (TPS) Pilgub Lampung, pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur nomor urut 3 Arinal Djunaidi-Chusnunia mulai disambati petani di provinsi itu.

 

Hal tersebut disampaikan petani dalam kegiatan halal bihalal di kediaman Arinal Djunaidi, Minggu (1/7).

 

Zainuri perwakilan Gapoktan Kotagajah Lampung Tengah mengatakan, pupuk di kabupaten itu sulit didapatkan. Ia pun mengapresiasi saran Arinal untuk menambah produksi tanaman dengan menanam tanaman lain selain padi, ia dan petani lainnya telah mencoba menanam bawang.

 

Zainuri mengharapkan agar Arinal-Nunik bisa mengangkat kesejahteraan petani di Lampung.

 

Perwakilan Gapoktan Lampung Timur, Busi Santoso mengatakan, petani berharap agar dapat meningkatkan kesejahteraannya. Namun, hal itu tidak akan terjadi apabila tanpa didukung biaya.

 

Ia pun berharap keberadaan petani organik di Lampung Timur agar diberdayakan.

 

"Insya Allah (kepemimpinan Arinal-Nunik) ini titik awal untuk petani untuk kesejahteraan petani keseluruhan. Mudahan-mudahan kita bersinergi bersama," ucapnya.

 

Marsis perwakilan Gapoktan Lampung Selatan, mengelukan pasokan pupuk, setiap pemupukan terkadang pasokan pupuk tidak ada.

 

"Padahal belum tanam kita sudah ajukan, kenyataannya belum ada," kata dia.

 

Nanang Surono, perwakilan petani Metro mengaku saat ini kecewa akan bibit yang kurang unggul, namun soal pasokan pupuk lancar, karena di daerahnya sawah tanah hujan.

 

Senada dikatakan Dadang, perwakilan petani Lampung Timur, yang mengaku bibit yang dikeluarkan petani kualitasnya kurang baik melalui proyek pengadaan pemerintah pusat. Iapun mengeluhkan kurang tepatnya pasokan bibit unggul yang terkadang tidak tepat waktu, serta waktu panen yang sudah tradisi harga jual murah.

 

"Kami mohon agar petani ada perlindungan harga. Lampung Timur banyak tanaman pangan, lada, padi, jangkung yang penanganan lahan belum memadai," kata dia.

 

Menanggapi hal tersebut, Cagub Arinal Djunaidi mengatakan, setelah dilantik berencana bertemu Gubernur DKI Jakarta. Alasannya, sudah empat tahun lalu Arinal melakukan transaksi pangan strategis.

 

"Terhenti menunggu gubernur pertanian. Saya akan buktikan itu. Untuk kabupaten akan kita buat unit produksi. Ada teknologi yang tidak langsung, Sidomuncul akan hadir di Lampung dan bekerjasama dengan petani," ucapnya.

 

Arinal juga menyarankan pada petani agar membuat  usaha sampingan untuk menunjang kehidupan seperti memelihara ternak.

 

"Jika petani jalankan dengan benar, teknis kita perbaiki. Saya tidak akan mundur. Jika lima tahun saya tidak bisa bawa perubahan, saya akan mundur jangan pilih lagi saya ke depannya," kata Arinal.

 

Di kesempatan itu Ketua DPD 1 Golkar Lampung ini juga memaparkan program Kartu Tani Berjaya yang nantinya akan menjadi kebanggaan petani.

 

Arinal juga meminta petani tidak menjual lahan serta tidak mengalihkan fungsikan lahan pertanian.

 

Arinal berjanji masalah petani akan dibawa ke sidang kabinet dihadapan presiden, menteri, para gubernur.

 

"Ini programnya mari bersama kita bahas agar kebijakan jangan seperti kebijakan jaman Belanda," ucapnya.

 

Kita sudah merdeka, Insy Allah akan tuntas masalah petani maka akan jadi agenda nasional. "Kartu Tani Berjaya cara kita selesaikan masalah petani. Setelah kami dilantik kami akan bekerja, dan berikan kabar baik pada petani," tambahnya.

 

Sementara Cawagub Nunik yang juga Bupati Lampung Timur mengatakan, untuk tanaman lada di Lampung Timur sudah banyak program yang telah digulirkan, seperti pengadaan puluhan ribu bibit lada gratis, pun pendampingan.

 

"Kita juga kerjasama dengan kementrian akan pendampingan petani lada. Kita tidak akan biarkan pendampingan itu hanya dari pusat, namun kita tidak akan biarkan sendiri petani. Memang soal pupuk kadang ada daerah yang kurang lancar," kata dia.(rls)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos