Ridho Komitmen Lestarikan Budaya Lampung

img
Gubernur Lampung M. Ridho Ficardo dan Menteri Pertahanan RI Jenderal TNI (Purn) Ryamirzad Ryacudu bersama para tokoh adat Lampung.

Harianmomentum--Provinsi Lampung merupakan daerah heterogen dengan keragaman adat dan budaya yang berkembang dinamis dalam tatanan kehidupan sosial masyarakat. Keragaman tersebut menjadi potensi besar untuk membangun Lampung yang lebih maju dan sejahterah.

 

Hal tersebut disampaikan Gubernur M. Ridho Ficardo saat bersilaturahmi dengan Menteri Pertahanan Republik Indonesia Jenderal TNI (Purn) Ryamirzad Ryacudu, Minggu (21/5). 

 

Kegiatan yang dihelat di Ballroom Hotel Novotel, Bandarlampung itu dalam rangka prosesi pemberian Gelar Adat Kehormatan dari 62 Marga Adat Lampung kepada Jenderal TNI (Purn) Ryamirzad Ryacudu.

 

Gubernur mengatakan, Pemerintah Provinsi Lampung senantias berkomitmen  menjaga kelestarian kearifan lokal yang berkembang di tengah masyarakat, terutama adat budaya Lampung. 

 

“Kami berkomitmen akan terus berupaya menerapkan program pembangunan berbasis keareifan lokal, terutama nilai-nilai Budaya Lampung,“ kata gubernur.

 

Gubenur bersyukur  masyarakat adat Lampung hingga saat ini masih konsisten memegang teguh nilai-nilai budaya yang berpedoman pada lima konsep:  

Piil Pesenggiri (menjaga kehormatan dan harga diri), bejuluk buadek (memilki gelar dan julukan yang menjadi panutan masyarakat).

 

Kemudian: nemui nyimah (saling bersilaturahmi dan terbukaan terhadap pendatang), nengah nyappur (aktif dalam hubungan sosial kemasyarakat) dan sakai sambayan (bergotong royong saling tolong menolong dalam kebaikan).

 

“Berkat dukungan seluruh masyarakat, saat ini Lampung menjadi salah satu provinsi di Pulau Sumatera dengan pertumbuhan ekonomi yang cukup tinggi. Pada triwulan  pertama tahun 2017, pertumbuhan ekonomi Lampung menempati peringkat ke-2 tertinggi di Sumatera setelah Provinsi Bengkulu,“ ungkap gubernur.

 

Pada acara silahturahmi itu, para  tokoh adat Lampung  dari 62 marga sepakat memberikan gelar kehormatan Sutan Tuan Kaca Marga kepada Menteri Pertahanan Republik Indonesia Jenderal TNI (Purn) Ryamizard Ryacudu. Sedangkan istrinya, Nora Ryamizard Ryacudu mendapat gelar Sutan Ayu Mahkota Marga

 

Jenderal TNI Ryamirzad Ryacudu dalam sambutanya mengapresiasi anugerah gelar adat itu. Menurut dia, hal tersebut salah satu buktikan keseriusan Pemerintah Provinsi dalam upaya pelestarian kebudayaan dan kearifan lokal yang berkembang di tengah masyarakat. (Rls)


Editor: Harian Momentum


Leave a Comment