Volume Sampah di Kota Metro Meningkat

img
Illustrasi. Foto: Google.

Harianmomentum--Sepekan bulan Ramadhan, terjadi peningkatan volume sampah di Kota Metro. Peningkatan tersebut didominasi sampah rumah tangga dan limbah pedagang musiman.

 

Kepala Bidang Kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Metro Dedi Alfian, mengatakan peningkatan volume sampah terjadi karena banyaknya pedagang musiman dan aktifitas rumah tangga yang juga meningkat selama bulan Ramadhan. 

"Benar secara umum memang terjadi peningkatan volume sampah selama Ramadhan. Tapi berapa persen peningkatan itu, kita belum tahu. Yang jelas peningkatan sampah ini terjadi karena banyaknya pedagang musiman yang menjual berbagai panganan dan minuman untuk berbuka puasa,“ kata Dedi Alfian, Rabu (31/5).

 

Menurut dia, meski bersifat musiman para pedagang itu tetap dikenakan restribusi sampah Rp1.500 per hari per pedagang. Penetapan tarif restribusi itu sesuai Peraturan Daerah Kota Metero Nomor 3 Tahun 2012 tentang tarif retribusi sampah untuk pedagang.

 

Untuk mengantisipasi agar tidak terjadi penumpukan sampah, Bidang Kebersihan DLH Kota Metro mengerahkan 146  tenaga kebersihan yang dilengkapi armada pengangkut sampah, terdiri dari: 12 unit mobil dump truck, enamamrol, empat  bentor dan satu mobil pick up.

“Kami berharap masyarakat dan para pedangan ikut berperan aktif menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan,“ harapnya. (sya/pie)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos