Pemohon Dokumen Adminduk di Pesibar Meningkat

img
Ilustrasi/ist

Harianmomentum.com--Jumlah pemohon pembuatan berbagai dokumen administrasi kependudukan (adminduk) di Kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (disdukcapil) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar), Lampung meningkat signifikan.

Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk pada Disdukcapil Kabupaten Pesibar Anwarsyah mengatakan peningkatan jumlah pemohon pembuatan adminduk itu sudah terjadi sejak hari pertama kerja, usai cuti bersama lebaran,  Senin (10-6-2019).

"Rata-rata setiap hari jumlah pemohon pembuatan dokumen adminduk mencapai seratus orang. Ini terjadi sejak hari pertama kerja usai libur lebaran," kata Anwarsayah pada harianmomentum.com, Rabu (12-6-2019).

Dia menerangkan pembuatan dokumen adminduk yang diajukan masyarakat, tidak hanya sebatas Kartu Tanda Penduduk elektronik (e-KTP).

"Memang paling banyak untuk pemohon pembuatan e-KTP, tapi ada juga yang mengajukan pembuatan akta kelahiran, kartu keluarga dan kartu indentitas anak," ungkapnya.

Menurut dia, saat ini proses pembuatan berbagai dokumen adminduk terutama kartu keluarga lebih cepat karena sudah menggunakan sistem elektronik.

“Untuk prpses pembuatan KK sekarang bisa lebih cepat, karena kita sudah menerapkan tanda tangan elektronik. Sehingga apa bila tidak ada kepala dinas, KK tetap bisa kita terbitkan dan diserakan ke warga pemohon,” terangnya.

Dia juga memastikan stok blangko e-KTP dan dokumen adminduk lainya mencukupi hingga akhir bulan Juni mendatang.

 “Alhamdulillah, kalau untuk stok blangko e-KTP dan lainya mencukupi sampai akhir bulan ini," kata Anwarsyah. (asn)




Leave a Comment