Mahasiswa Darmajaya Lolos Program Kewirausahaan Kreatif Kemenristekdikti

img
Empat mahasiswa IIB Darmajaya yang lolos PKM Kewirausahaan Kemenristekdikti 2019//ist

Harianmomentum.com--Empat mahasiswa Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya lolos Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) Kewirausahaan Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) tahun 2019.

Keempat mahasiswa yakni Safira Novriana Yasmin dan Renaldi Dwi Wicaksono yang mengajukan proposal berjudul KATS.ID (Kaos Tapis Lampung Store). Keduanya berasal dari program studi sarjana jurusan akuntansi.

Selanjutnya Tama Pratiwi dan Elivia Febriani yang mengajukan proposal berjudul Martabak Kalem program. Keduanya berasal dari studi ahli madya (D3) akuntansi.

Safira mengatakan, dia mengetahui kalau proposalnya lolos dari pemberitahuan Biro Kemahasiswaan.

“Ini pertama kali mengajukan dan langsung lolos. Saya mengambil judul usaha Kaos Tapis Lampung Store yang berbentuk sablon. Karena, kalau dari benang emas harganya tidak terjangkau,” kata dia melalui rilis yang diterima harianmomentum.com, Rabu (3-7).

Dia berharap, Provinsi Lampung dapat dikenal dari kearifan motif pakaian atau kaos yang menjadi PKM Kewirausahaannya. “Agar modern dengan motif yang bisa custom, terutama tapis terkait desainnya juga yang mengerjakan Renaldi,” kata dia.

Hal berbeda dari Tama Pratiwi yang mengaku penamaan Martabak Kalem berasal dari Pempek Kapal Selam.

“Jadi martabak kalem itu martabak kapal selem. Bentuknya juga tidak besar dan tidak kecil,” ucapnya.

Tiwi –biasa disapa—menerangkan bahwa sama seperti Safira dan Renaldi mendapatkan pendanaan PKM Kewirausahaan. “Iya lolos PKM Kewirausahaan dan diminta untuk presentasi juga di bulan Juli. Kita akan laporkan terkait pelaksanaannya,” imbuhnya.

Ketua Program Studi Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) IIB Darmajaya, Anik Irawati mengatakan bahwa dua proposal mahasiswa/i Darmajaya berhasil lolos dalam PKM Kewirausahaan Kemenristekdikti.

“Ada dua kelompok yang lolos judul proposal PKMnya. Saya sebagai pembimbing bersama Pak Taufik,” ungkapnya.

Anik –biasa disapa—menerangkan bulan Juli kedua kelompok ini akan presentasi terkait hasil pelaksanaan kegiatan PKM Kewirausahaannya.

“Mereka mendapatkan pendanaan dari Kemenristekdikti dan Bulan Juli akan melaporkan pelaksanaan dalam presentasi,” ujarnya.

Sementara, Dekan FEB IIB Darmajaya, Prof. Ir. Zulkarnain Lubis mengatakan, dia sangat bangga atas lolosnya PKM Kewirausahaan mahasiswa akuntansi.

“Selama ini apa yang dilakukan oleh tenaga pengajar dengan memberikan kemampuan untuk berwirausaha menjadikan mahasiswa dapat mengimplementasikan langsung,” ucapnya.

Keberhasilan lolos PKM Kewirausahaan, lanjut Prof. Zul, agar dapat dijadikan penyemangat mahasiswa/i lainnya untuk membuat proposal PKM di tahun yang akan datang.

“Ini bisa jadi pemacu bagi yang lain agar dapat menunjukkan bahwa mahasiswa Darmajaya bisa mendapatkan hibah PKM Kewirausahaan dan bersaing dengan mahasiswa PTS bahkan PTN lainnya di lldikti wilayah II,” tuturnya.

Dia menambahkan, kepada peraih pendanaan PKM Kewirausahaan untuk tidak berhenti dalam usahanya.

“Lanjutkan usaha yang kalian sudah buat dalam proposal tersebut agar dapat menjadikan lebih besar,” pesannya.(red)



Leave a Comment