KAI Distribusikan Air Bersih di Wilayah Kekeringan

img
Warga antre memenuhi air bersih. Foto. Ist.

Harianmomentum.com--PT Kereta Api Indonesia  (KAI) Persero Divisi Regional IV (Divre IV) Tanjungkarang mendistribusikan air bersih untuk membantu warga yang wilayahnya kekeringan akibat kemarau.

Deputy Executive Vice President Divre IV Tanjungkarang Beni Herbimawan menyebutkan, air bersih yang didistribusikan PT KAI sekitar 16 ribu liter yang diangkut menggunakan dua mobil tanki.

Penerima bantuan itu antara warga di sejumlah kelurahan. Antara lain, Sukamenanti, Kecamatan Kedaton; Susunan Baru (Kemiling), Puskud (Sukabumi), Panjang (Panjang), dan Kelurahan Garuntang, Kecamatan Bumiwaras.

"Kali ini, wujud kepedulian PT KAI dengan membantu masyarakat memenuhi kebutuhan air bersih yang kesulitan air karena kemarau," ujar Beni, didampingi Manager Humas KAI Tanjungkarang, Sapto Hartoyo, saat mendistribusikan air bersih di Sukamenanti, Rabu (7-8-2019).

PT KAI memperoleh informasi, kekeringan di Kelurahan Sukamenanti semakin meluas. Menurut dia, hampir setiap hari warga di 10 RT tersebut kekurangan air. Hal ini mendorong PT KAI memberikan bantuan dengan mendistribusikan air bersih.

Menurut Beny, pada hari ini, PT KAI Tanjungkarang mendistribusikan 10 tangki air di lima lokasi. Dua lokasi di Jalan Rusa, Gang Onta, Kelurahan Sukamenanti, Kedaton dan Jl. Hr Mangundiprodjo RT. 03 LK. II Gg. Masjid Nurul Mukmin Batang Asahan, Kedamaian.

"Sebanyak sepuluh truk tangki kami bagi-bagi untuk lima lokasi, jadi setiap lokasi mendapat dua truk tangki. Dari lima lokasi yang kami bidik, hari ini baru dua lokasi di Kedaton dan Kedamaian. Tiga lokasi lainnya akan direalisasi besok," papar Beny.

Dia menjelaskan, upaya ini dilakukan guna membantu pemerintah daerah mencukupi kebutuhan air bersih kepada warganya. Khususnya di wilayah terdekat dengan pelayanan kereta api Bandarlampung.

"Kebetulan wilayah ini salah satu dekat dengan stasiun yang bisa kami jangkau, kami juga ingin hadir di masyarakat yang membutuhkan bantuan. Pada musim kemarau ini kami menyediakan air bersih untuk kebutuhan masyarakat sekitar," jelasnya. 

Camat Kedaton Febriana dan Lurah Sukamenanti Iryazima yang hardis pada pendistribusian air, menyampaikan terima kasih PT KAI yang membantu warga memenuhi air bersih. 

"Alhamdulillah saya bersyukur dan berterima kasih kepada PT KAI yang sudah membantu warga kami yang kekeringan air bersih kekurangan air bersih untuk kebutuhan," kata Ferbriana. 

Febriana menjelaskan, sejak kemarau daerah ini rutin kekurangan air bersih. Warga harus mengantri air dari tiga tower yang menjadi sumber air bersih di Kelurahan Sukamenanti. 

Menurut dia, bukan berarti tidak ada sama sekali masih ada, cuma secara umum masyarakat masih kurang. Jadi memang sudah beberapa kali dibantu donatur tapi masih belum memadai.

Dari tujuh kelurahan yang ada di Kedaton, Sukamenanti yang kekeringan. Sehingga bantuan dari KAI diarahkan untuk dua lingkungan yang ada di kelurahan tersebut. 

Sementara, Lurah Sukamenanti Iryazima memberitahukan bahwa kekeringan yang terjadi sudah dari beberapa bulan lalu.

"Memang keseharian mereka begini, ngantri air dari pagi sampai malam ada terus. Sehingga kami anjurkan untuk membantu di dua lingkungan 10 RT di Kelurahan Sukamenanti," ucapnya.

Iryana juga mengucapkan, wilayahnya merupakan wilayah kering sehingga pada saat musim kemarau ini sangat berpengaruh terhadap persediaan air. 

"Nggak semua warga punya sumur. Terlebih jika ada air harus nunggu ngisi dulu, jadi masih belum mencukupi," imbuhnya.

Hal yang sama disampaikan seorang warga, Sudrajat yang menyampaikan terima kasih kepada PT KAI atas bantuan air bersih di wilayahnya yang  hampir satu tahun ini kesulitan mendapatkan air. (wid).






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos