Kembangkan Air Terjun Way Asahan jadi Obyek Wisata, TNBBS Gandeng Genpi Lambar

img
Air Terjun Way Asahan di kawasan Kubuperahu, TNBBS, Kabupaten Lampung Barat

MOMENTUM, Balikbukit--Balai Taman Nasional Bukit Barisan Selatan (TNBBS) menggandeng komunitas relawan pariwisata Generasi Pesona Indonesia (Genpi) Kabupaten Lampung Barat (Lambar), untuk melakukan eksplore atau menjelajahi kawasan Air Terjun Way Asahan.

Air terjun Way Asahan yang berkitinggian sekitar 40 meter itu, merupakan salah satu air terjun  di kawasan Kubuperahu TNBBS,  Kecamatan Balikbukit, Kabupaten Lambar yang belum banyak diketahui masyarakat. Dua air terjun lainya: Sepapah kiri dan Sepapah Kanan, sudah lebih dulu dikembangkan menjadi obyek wisata.

"Kita berencana untuk membuka kawasan Air Terjun Way Asahan ini menjadi obyek wisata.  Karena itu, kita mengajak teman-teman dari Genpi untuk mengeksplore air terjun Way Asahan agar lebih banyak diketahui masyarakat," kata 

Supriatna petugas TNBBS kawasan Kubuperahu pada Harianmomentum.com, Selasa (13-8-2019).

Ketua Genpi Lambar Eka Fendi Aspara menilai, kawasan Air Terjun Way Asahan sangat berpotensi untuk dijadikan tempat wisata petualangan.

"Waktu tempuh lokasi air terjun ini dari jalan raya, tidak terlalu jauh hanya 45 menit. Jadi tentu lebih pontesial dikembangkan menjadi obyek wisata dibanding Air Terjun Sepapah kanan dan Sepepah kiri yang waktu tempuhnya mencapai 90 dan 150 menit," kata Eka.

Karena itu, lanjut dia, Genpi Lambar sangat mendukung rencana pihak Balai TNBBS untuk mengembangkan kawasan Air Terjun Way Asahan menjadi obyek wisata. (lem)




Leave a Comment