Pemkab Pesawaran Bentuk TPID

img
Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona membuka sosialisasi pembentukan TPID. Foto: Nizar

Harianmomentum--Peran daerah sangat penting dalam menjaga stabilitas harga, mengingat karakteristik inflasi Indonesia  masih dipengaruhi gejolak pasokan berbagai komediti. 


Hal tersebut disampaikan Bupati Pesawaran Dendi Ramadhona saat sosialisasi pembentukan Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID)  di aula kantor pemkab setempat, Senin (24/7).

  

 "Kegiatan ini sebetulnya untuk mengumpulkan informasi dari tiap OPD( organisasi perangkat daerah), terkait perkembangan inflasi. Selanjutnya  akan disampaikan pada rakornas di Jakarta  yang akan dipimpin langsung Presiden (Joko Widodo)," kata  Dendi Ramadhona usai membuka kegiatan tersebut.

 

Dia menerangkan,  pembentukan TPID itu berdasarkan Surat Direktorat Jendral Bina Pembangunan Daerah, Kementerian Dalam Negeri Nomor : 067/918/II//2014 Tanggal 12 Februari 2014. 

 

Surat tersebut perihal TPID dan himbauan Presiden Republik Indonesia Joko Widodo pada Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) TPID VI di Batam. Saat itu, lanjut dia, presiden mengimbau seluruh pemerintah kabupaten/kota segera membentuk TPID.


Himbauan tersebut bertujuan  menyelaraskan strategi pengendalian inflasi di tingkat pusat dan daerah, serta mempertegas komitmen bersama dalam menjaga stabilitas harga.

 

"Sebenarnya pada tahun lalu (2016) kita sudah bentuk TPID yang diketuai  Pak Sekda, tapi berdasarkan instruksi Pemerintah Pusat, Ketua TPID daerah harus kepala daerah dalam hal ini bupati, maka kita harus kembali melakukan pembentukan," terangnya.

Dia mengungkap, berdasarkan data, tingkat inflasi daerah Kabupaten Pesawaran masih di atas target yang ditetapkan Nasional.

"Sampai dengan bulan Juni 2017 inflasi Kabupaten Pesawaran mencapai 2,22 persen. Ini lebih tinggi dibandingkan target nasional yang ditetapkan hanya 2 persen. Nah melalui momen ini, kita akan bahas langkah antisipasinya," jelasnya. (eri)






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos