Operasi Patuh Krakatau di Lamteng 'Zero' Penilangan

img
Pelaksanaan Operasi Patuh Krakatau 2020 di wilayah hukum Polres Lampung Tengah./hry

MOMENTUM, Gunungsugih--Selama dua pekan pelaksanaan Operasi Patuh Krakatau 2020 di wilayah hukum Kepolisian Resor (Polres) Lampung Tengah zero atau nol kasus penilangan/penindakan.

Sejak 23 Juli hingga 5 Agustus 2020, Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Lampung Tengah (Lamteng) telah rampung melaksanakan Operasi Patuh Krakatau 2020. 

Operasi yang dilaksanakan selama dua pekan tersebut berbeda dari tahun sebelumnya. Terbukti, 0 kasus penanganan tilang di wilayah Lamteng. Petugas lebih mengedepankan imbauan tentang kemananan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran berlalu lintas (Kamseltibcarlantas). 

Kasat Lantas Polres Lamteng, AKP M Yani Endang, mewakili Kapolres AKBP Popon Ardianto mengatakan, operasi tahun ini di tengah pandemi memang mengkedepankan himbauan kepada para pengguna jalan. Jadi nihil pelanggaran, ujarnya.

"Tak ada penindakan. Dan tidak ada sama sekali surat tilang yang kita keluarkan," ujar M Yani, Rabu 5 Agustus 2020.

Menurut dia, Operasi Patuh tahun ini berbeda dari tahun-tahun sebelumnya. Petugas kata dia mengedepankan tindakan persuasif dan edukasi.

Kegiatan persuasif yang dilakukan lanjutnya ialah pembagian brosur, makser dan memberikan imbauan Kamseltibcarlantas

"Orientasi kita tetap operasi kemanusiaan. Mengingat situasi di tengah pandemi Covid seperti ini. Namun juga tak menghilangkan preentif dan preventif dalam ops Krakatau tahun ini," katanya lagi.

Ia berharap, upaya pendisiplinan dengan konsep persuasif dan humanis ini dapat semakin mendisiplinkan masyarakat dan menjadi pembiasaan ke depan.(**)

Laporan: Asdijal/Hry

Editor: Agus Setyawan



Leave a Comment