Srimenanti Ditetapkan Sebagai KTN Kabupaten Lambar

img
Bupati Lambar Parosil Mabsus menyambut kedatangan Wakapolda Brigjen Pol. Sudarsono untuk meluncurkan Pekon Srimenanti sebagai KTN

MOMENTUM, Airhitam--Pekon/Desa Srimenanti, Kecamatan Airhitam, Kabupaten Lampung Barat (Lambar) ditetapakan sebagai Kampung Tangguh Nusatara (KTN).

Peluncuran KTN Kabupaten Lambar itu dilakukan Wakapolda Lampung Brigjen Pol. Sudarsono, Kamis (6-8-2020).

Wakapolda Brigjen Pol.Sudarsono mengatakan, KTN merupakan program kepolisian yang dilakasanakan di seluruh Indonesia. Program tersebut, bertujuan menumbuhkan kemandirian masyarakat dalam upaya pencegahan dan penanganan dampak covid-19. Karena itu, dia meminta, masyarakat dan aparat Pekon Srimenanti harus bisa menjadi contoh pekon lainya dalam upaya pencegahan dan penanganan dampak covid-19.      

“Menjadi Kampung Tanggug Nusantara berarti desa itu harus benar-benar tangguh dalam segaka hal. Tertuma dalam pencegahan dan penanganan dampak covid-19 dalam segala bidang, seperti: kesehatan, ekonomi, budaya dan kamtibmas," kata wakapolda.

Menurut Wakapolda, sebagai program utama yang harus dilakukan Kampung Tangguh Nusantara adalah melakukan upaya pencegahan penularan covid-19. kemudian berinovasi melaksanakan program-progam pemberdayaan kemandirian masyarakat untuk mengatasi dampak ekonomi yang ditimbulkan covid-19.

Contoh upaya mengatasi dampak ekonomi tersebut diataranya dengan mengajak masyarakat memanfaatkan perakaran rumah untuk budidaya tanaman sayuran. Dengan begitu akan berdampak pada ketahanan pangan keluarga.

"Kita berharap Pekon Srimenanti ini menjadi contoh bagi pekon-pekon lainnya untuk terus berinovasi melangkah maju menuju pekon yang semakin berkembang dan tangguh dalam segala hal, hingga akhirnya tercipta semua pekon yang ada di Lampung Barat ini menjadi Desa Tangguh,” harapnya. 

Bupati Lambar Parosil Mabsus mengatakan, pihaknya siap mendukung keberhasilan proram KTN di kabupaten setempat.

"Peluncuran KTN ini adalah momentum bagi seluruh elemen di Kabupaten Lampung Barat untuk mempererat kebersamaan dalam upaya pencegahan dan penanganan dampak covid-19 secara mandiri," kata bupati.

Acara peluncuran KTN tersebut juga dihadiri Kapolres Lambar AKBP. Rachmat Tri Haryadi, perwakilan Kodim 0422, dan para pejabat pemkab dan tokoh masyarakat setempat. (**)

Laporan: sulemy

Editor: munizar



Leave a Comment