KPU Pesibar Gelar Simulasi Pemungutan dan Penghitungan Suara

img
Simulasi pemungutan dan penghitungan suara di Pekon Marang.//ist

MOMENTUM, Pesisir Barat--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pesisir Barat (Pesibar) menggelar simulasi pemungutan dan penghitungan suara Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati kabupaten setempat, tahun 2020.

Simulasi bertempat di Tempat Pemungutan Suara (TPS) 02, Pekon Marang, Kecamatan Pesisir Selatan, Sabtu (21-11-2020).

Ketua KPU Pesibar Marlini mengatakan, simulasi pemungutan dan penghitungan suara adalah cara untuk meminimalisir terjadinya kesalahan dan ketidak pahaman.

Sebab, sambung dia, saat ini ada 12 hal baru yang harus dipahami oleh masyarakat maupun petugas di TPS saat Pilkada 9 Desember digelar. 

"Salah satunya dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19 seperti memakai masker, cuci tangan pakai sabun, jaga jarak, pengecekan suhu tubuh dan sebagainya," katanya.

Melalui simulasi yang menghadirkan 200 pemilih tersebut, diharapkan tidak ada klaster baru covid di Pilkada.

KPU Pesibar kembali mengingatkan kepada masyarakat yang telah memiliki hak pilih untuk datang menyalurkan hak suaranya ke TPS.

"Begitu juga dengan masyarakat, pemilih yang belum terdaftar dalam daftar pemilih tetap. Kami harap melapor ke Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK), Panitia Pemungutan Suara (PPS) maupun ke KPU Pesibar," jelasnya.

Sementara, Staf Ahli Bidang Pemerintahan Hukum dan Politik, Azhari menyampaikan, pandemi covid-19 yang terjadi di indonesia, tentunya memberikan suasana yang berbeda pada pelaksanaan Pilkada tahun ini. 

Dengan kondisi seperti ini, sambung dia, segala upaya harus dipersiapkan agar pelaksanaan Pilkada tetap berjalan dengan lancar, aman dan sukses. 

"Simulasi ini tentu sangat penting dilaksanakan guna mencegah penyebaran covid-19 di Pesibar, serta sebagai pembelajaran untuk membiasakan petugas dan masyarakat, agar mekanisme protokol kesehatan dapat berjalan dengan baik," kata Azhari, saat membacakan sambutan Pjs. Bupati Pesbar.

Hadir dalam kegiatan itu Ketua KPU Pesibar Marlini beserta anggota KPU setempat, Staf Ahli Bupati Pesibar Azhari, Ketua Bawaslu Pesibar Irwansyah, tim gugus tugas percepatan penanganan Covid-19 Kabupaten Pesibar, unsur Forkopimda serta undangan terkait lainnya.(**)

Laporan: Agung Sutrisno

Editor: Agung Chandra Widi






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos