Pelajar SLBN Metro Raih Beragam Prestasi

img
Salah seorang sisw SLBN Kota Metro yang mengukir prestasi di tingkat nasional

MOMENTUM, Metro--Program pendidikan di Sekolah Luar Biasa Negeri (SLBN) Kota Metro, bukan hanya fokus pada peningkatan presetasi akademik para siswa. Peningkatan dan pengembangan prestasi nonakademik yang dilakukan melalui berbagai kegiatan ekstrakulikuler pun menjadi prioritas.

"Selain prestasi akademik, kami juga terus mengembangkan bakat dan minat siswa melalui kegiatan ekstrkulikuler. Ini menjadi bagian dari upaya meningkatkan dan mengembangkan prestasi nonakademik siswa," kata Kepala SLBN Kota Metro Yuly Hartaty pada Harianmomentum.com, Jumat (19-2-2021). 

Upaya keras yang dilakukan dewan guru SLBN Kota Metro untuk meningkatkan prestasi akademik dan nonakademik para siswa, terbilang cukup berhasil. Setidaknya itu terlihat dari berbagai gelar juara yang diraih para siswa dan siswi SLBN setempat.

"Alhamdulillah, Dewan guru disini sabar dan telaten dalam mendidik para siswa dan siswi. Sehingga anak-anak kami, bisa meraih prestasi di berbagai lomba tingkat kota hingga nasional," terangnya.

Beberapa prestasi yang diraih para pelajar SLBN Kota Metro, antara lain: Juara Dua Lomba Desain Grafis tingkat Nasional atas nama Syabilla Nur Asyifa  dan juara Harapan I tingkat Nasional diajang lomba yanga sama atas nama Diva Ilham. 

Fina Fadila siswi SLBN Kota Metro yang meraih juara dua lomba Bercerita tingkat Provinsi Lampung

Selain itu, siswa SLBN Kota Metro juga mengukir prestasi di tingkat Provinsi Lampung, atas nama Fina Fadila yang meraih juara dua lomba bercerita.

"Untuk kegiatan ekstrakulikuler, kami ada kegiatan di bidang seni musik dan keterampilan membuat produk kerajinan tangan. Kalau untuk tenaga pengajar, ada 26 orang," ungkapnya.

Siswa-sisw SLBN tersebut bukan hanya berasal dari Kota Metro, tapi juga dari beberapa kabupaten lain di Lampung, seperti Lampung Timur dan Lampung Tengah.

“Untuk siswa-siswi dari luar Kota Metro, kami siapkan asrama agar lebih mudah mengikuti proses kegiatan belajar mengajar. Selain itu, dengan tinggal di asrama, secara tidak langsung kita memberikan pendidikan dan motivasi kepada para pelajar untuk dapat mandiri," terangnya.

Program pendidikan di SLBN Kota Metro tidak dipungut biaya. "Tidak ada uang SPP. Untuk biaya pendidikan, semua gratis. Untuk saat ini, karena pandemi covid-19, kita belum menggelar KBM (kegiatan belajar mengajar) tatap muka. Sementara, KBM masih dengan sistem daring untuk mencegah penularan covid," ungkapnya. (**)

Laporan: Opie/Rio

Editor: Munizar 



Leave a Comment