Pesawaran Kembali Alokasikan Anggaran Umrah Gratis

img
Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial dan Kemasyarakatan Sekretariat Pemkab Pesawaran M Razak

MOMENTUM, Gedongtataan--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pesawaran kembali mengalokasikan anggaran untuk program wisata religi.

Kepala Bagian Kesejahteraan Sosial dan Kemasyarakatan Sekretariat Pemkab Pesawaran M Razak mengatakan, anggaran yang dialokasikan untuk program tersebut mencapai Rp3 miliar lebih. Program tersebut terbagi menjadi dua: umrah gratis ke Mekkah Arab Saudi  dan wisata religi ke tempat-tempat suci dan bersejarah di Pulau Jawa .

"Untuk umrah gratis, anggaranya Rp3 miliar dan untuk wisata religi Rp140 juta," kata Razak pada Harianmomentum.com, Rabu (3-3-2021).

Meski demikian, dia belum bisa memastikan kapan program tersebut dilaksanakan. "Untuk pelaksanaan belum bisa kita pastikan kara karena Arab Saudi saja masih menutup perjalanan bagi warga dari 20 negara. Termasuk Indonesia karena situasi pandemi covi-19. Begitu juga wisata religi ke Pulau Jawa, belum bisa dipastikan keberangkatanya," terangnya.

Rician peserta dan anggaran program tersebut: untuk umrah gratis seratus orang. Setiap orang dianggarkan Rp30 juta. Sedangkan untuk wisata religi ke Pulau Jawa, jumlah pesertanya 400. Setiap orang dianggarkan Rp3,5 juta.

Terkait persyaratan peserta program tersebut, dia juga belum bisa memastikan. "Kalau persayaratan umum, yang jelas pemuka agama dan tokoh-tokoh yang berperan dalam kegiatan pembinaan spritual keagaamaan atau sosial di tengah masyarakat, tapi kalau untuk persyaratan dari tempat tujuan, akan kita konferamis dulu ke pihak terkait," terangnya.

Dia juga mengajak, para tokoh agama aktif menyosialisasikan pentingung penerapan protokol kesehatan pada masyarakat untuk mencegah penularan covid-19. (**)

Laporan: Rifat Arif

Editor; Munizar



Leave a Comment