Sekjen Golkar Ingatkan Masyarakat untuk Cerdas Memanfaatkan TIK

img
Sekretaris Jendral (Sekjen) Partai Golongan Karya (Golkar), Lodewijk F Paulus saat menggelar webinar. Foto: ist

MOMENTUM, Bandarlampung--Sekretaris Jendral (Sekjen) Partai Golongan Karya (Golkar), Lodewijk F Paulus mengingatkan agar semua pihak cerdas memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Hal itu disampaikan oleh Anggota Komisi I DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) 1 Provinsi Lampung itu saat menggelar Webinar Merajut Nusantara, bertajuk ‘Cerdas Memanfaatkan TIK di Masa Pandemi Covid-19’, Rabu (3-3-2021).

Webinar diikuti 200 peserta yang merupakan Sahabat Lodewijk F Paulus dari delapan kabupaten/kota di Lampung (Dapil 1 Lampung).

Acara menghadirkan tiga pembicara: Lodewijk F Paulus, Ketua Dewan Pakar ISKI Yuliandre Darwis dan Profesional yang juga Ketua Komisi IV DPRD Lampung Ismet Roni, dengan moderator Eko Pratama.

Lodewijk mengatakan, bahwa apa yang dialami masyarakat saat ini merupakan bentuk perkembangan teknologi informasi yang tidak bisa dihindari.

Dengan perkembangan teknologi informasi saat ini, maka secara tidak langsung analog mulai ditinggalkan dan beralih ke data TIK.

Di sisi lain, Anggota Komisi I DPR RI itu juga mengingatkan kepada masyarakat untuk cerdas dalam memanfaatkan TIK.

Dia menjelaskan, perkembangan TIK sangat berpengaruh positif dalam berbagai sektor: komunikasi, bisnis, perbankan, pemerintahan, pendidikan, dakwah dan lain-lain.

Namun demikian, TIK juga berdampak negatif bagi masyarakat bila tidak cerdas dalam menggunakannya.

Seperti penggunaan TIK yang disalahgunakan dengan menyebarkan informasi-informasi hoax.

Sementara itu, Ketua Dewan Pakar Ikatan Sarjana Teknik Indonesia Yuliandre Darwis mengatakan, pemuda sebagai agen perubahan (agent of change), harus bisa memanfaatkan teknologi informasi.

Yuliandre mengatakan, contoh nyata penggunaan IT, sebesar 51 persen konsumen baru pertama kali belanja online selama PSBB 2020. Kemudian sebesar 65 persen pengguna digital online di Indonesia.

Dalam webinar, banyak Sahabat Lodewijk yang menyampaikan pertanyaan dan usulan yang disampaikan ke Lodewijk F Paulus, Yuliandre Darwis dan pembicara lainnya.(rls)

Editor: Agung Chandra Widi



Leave a Comment