“Titip Rindu Buat Ayah” Bikin Komjen Purwadi Terharu

img
Komjen Pol. Purwadi Arianto beserta istri.

MOMENTUM, Bandarlampung-- Komjen Pol. Purwadi Arianto mengaku terharu saat acara pisah sambut Kapolda Lampung yang digelar pemerintah provinsi (Pemprov) setempat, Selasa (9-3-2021) malam.

Lagu Ebiet G. Ade berjudul “Titip Rindu Buat Ayah” yang dibawakan Arjuna Band, berhasil membuat mata lulusan Akademi Kepolisian (Akpol) tahun 1988 itu, berkaca-kaca. 

Baginya, lagu itu bukan sekedar syair yang enak didengar. Tetapi juga memiliki makna yang begitu mendalam. Memorinya seakan mundur ke tahun 1996. 

Dia teringat 25 tahun lalu, saat menjadi seksi acara pisah sambut Kapolwil Surabaya Sjachroedin ZP. Kala itu, Purwadi berhasil membuat Sjachroedin ZP menangis karena skenario lantunan lagu tersebut.

Kini, perbuatannya dibalas oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi yang notabene mantan anak buah Sjachroedin ZP.

“Dua puluh lima tahun lalu saya berhasil buat pak Sjachroedin nangis dengan lagu ini. Eh, sekarang giliran saya dibalas dengan lagu yang sama oleh pak Arinal. Mantan anak buahnya (Sjachroedin, red). Sungguh, saya terharu,” kata Komjen Purwadi, dalam sambutannya di Mahan Agung.

Pria kelahiran 2 Oktober 1966 itu mengaku memiliki banyak kenangan selama 2,6 tahun bertugas di Provinsi Lampung. Juga mendapat pengalaman berharga.

Mulai mengemban amanah menjadi Kapolda pada Agustus 2018, Purwadi langsung mendapat tugas berat untuk menyukseskan Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 dan pemilihan presiden (Pilpres).

Kemudian, dihadapkan dengan pemilihan gubernur (Pilgub) dan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak. Lalu pemilihan kepala desa (Pilkades). “Jadi pengalamannya sudah lengkap. Mulai Pileg, Pilpres, Pilkada hingga Pilkades. Alhamdulillah semua berjalan kondusif,” katanya.

Dia juga mengklaim berhasil merubah pola kerja kepolisian dari sebelumnya reaktif menjadi proaktif. “Dulu polisi itu reaktif. Datang ketika sudah ada masalah. Sekarang proaktif, datang untuk mencegah terjadinya masalah menjadi lebih besar,” ujar Sekretaris Utama Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) itu.

Dia juga pernah merasa bangga ketika Lampung dianugerahi sebagai provinsi terbaik dalam pencegahan dan penanganan corona virus disease 2019 (Covid-19) oleh pemerintah pusat.

Alhasil, banyak masyarakat dari provinsi lain yang berdatangan ke Lampung. Sehingga terjadilah zona merah di beberapa wilayah. Termasuk Bandarlampung.

Di akhir sambutannya, Purwadi optimis Irjen Pol. Hendro Sugiatno sebagai Kapolda Lampung yang baru mampu bersinergi dengan Forkopimda setempat.

Diketahui, acara pisah sambut Kapolda Lampung dari Komjen Pol. Purwadi Arianto kepada Irjen Pol. Hendro Sugiatno juga dihadiri Wakil Ketua DPR RI Aziz Syamsudin, Wakil Gubernur Chusnunia, dan seluruh unsur Forkopimda.

Selamat bertugas di tempat baru jenderal. Semoga sukses selalu. Jangan lupakan Lampung! (**)

Laporan/ Editor: Andi Panjaitan






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos