Pemkab Tanggamus akan Buka Kembali Obyek Wisata

img
Salah satu obyek wisata di Kabupaten Tanggamus

MOMENTUM, Kotaagung--Pemerintah Kabupaten Tanggamus berencana kembali membuka obyek wisata, menyusul penurunan kasus positif covid-19 di kabupaten setempat.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Tanggamus Retno Noviana Damayanti mengatakan, saat ini pihaknya sedang melakukan berbagai persiapan untuk pembukaan kembali obyek wisata di kabupaten setempat. 

"Sedang dibahas dengan satgas covid-19 dan pihak-pihak terkait lainya. Nantinya pengelola obyek wisata akan kita surati terkait izin pembukaan kembali," kata Retno pada Harianmomentum.com, Selasa (30-3-2021).

Meski demkian, lanjut dia, penerapan protokol kesehatan secara ketata tetap akan menjadi syarat utama beroperasinya obyek wisata.

"Seluruh pengelola obyek wisata harus benar-benar mempersiapkan penerapan aturan protokol kesehatan secara ketat, untuk mencegeh penularan covid-19 di lokasi wisata," terangnya.

Pengelola obyek wisata yang tidak mematuhi aturan penerapan protokol kesehatan akan dikenakan sanksi.

"Sanksi untuk pelanggaran prokes ini, mulai dari teguran lisan hingga penutupan kembali. Jadi pengelola obyek wisata benar-benar harus menyiapkan sarana dan prasaran pendukung penerapan protokol kesehatan di obyek wisata yang dikelolanya," jelasnya.

Dia juga mengimbau, masyarakat yang ingin berkunjung ke obyek wisata, harus benar-benar disiplin menerapkan protokol kesehatan.

Rencana pembukaan kembali obyek wisata itu mendapat dukungan dari masyarakat.

"Senang sih kalau obyek wisata dibuka kembali. Sudah jenuh juga kelamaan nggak refreshing. Kalau soal penerapan protokol kesehatan, memamang sudah seharusnya," kata Ani salah satu mahasiswi di Kaupaten Tanggamus.

Hal senada disampaikan Anto pedagang souvenir di salah satu obyek wisata di Kabupaten Tanggamus. "Sukurlah kalau dibuka lagi. Mudah-mudahan bisa menambah penghasilan. Sejak tempat wisata ditutup, saya kerja serabutan. Biasanya dagang sovenir di tempat wisata," ungkapnya. (**)     

Laporan: Galih

Editor: Munizar






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos