Pemkab Pesawaran Bantu Warga Isoman dan Ahli Waris Pasien Covid-19

img
Penyerahan bantuan uang tunai kepada keluarga pelaku isoman oleh Bupati Pesawaran, Dendi Ramadhona beberapa waktu lalu

MOMENTUM, Gedongtataan--Pemerintah Kabupaten Pesawaran telah menyalurkan bantuan kepada sekitar 240 warga yang melakukan isolasi mandiri dan 27 ahli waris pasien Covid-19 yang meninggal dunia.

Kepala Seksi Penanggulan Bencana Sosial pada Dinas Sosial (Dinsos) Pesawaran, Andri Wibowo mengatakan penyaluran bantuan itu sesuai surat edaran bupati terkait pemberian bantuan sosial warga terdampak Covid-19.

"Kalau untuk isoman kita mencatat sampai hari ini sudah ada 240 orang yang kita beri uang tunai senilai Rp500 ribu per orang. Sedangkan untuk bantuan yang meninggal dunia baru 27 ahli waris," katanya, Jumat (20-8-2021).

Dia mengatakan, hingga akhir tahun 2021, pemkab menyiapkan bantuan untuk 600 warga isoman. Sedangkan untuk warga meninggal disiapkan untuk 100 orang.

"Jadi kalau untuk yang isoman kita memberikan bantuan sebesar Rp500 ribu sedangkan yang meninggal Rp3 juta. Bantuan tersebut disalurkan melalui rekening," jelasnya.

Andri menerangkan, terdapat beberapa persyaratan yang harus disiapkan masyarakat dalam mengurus bantuan tersebut, dan diserahkan kepada pihak desa yang nantinya akan mengurus.

"Untuk persyaratannya, masyarakat harus membawa fotokopi hasil cek lab, surat keterangan dari Satgas covid-19 tingkat desa dan diketahui pihak kecamatan, kemudian fotokopi KTP dan KK sebanyak tiga lembar pasien yang terkonfirmasi serta penerima kuasa, serta surat kuasa bermaterai," terangnya.

Untuk menyosialisasikan itu, pihaknya telah menyurati masing-masing camat di sebelas kecamatan yang ada, nantinya akan dilanjutkan ke setiap kepala desa.

"Kami berharap agar seluruh perangkat desa agar lebih aktif dalam mendata masyarakatnya yang sedang isoman, dan segera urus persyaratannya agar masyarakat dapat menerima bantuan," katanya.

Laporan: Rifat Arif

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos