Gubernur Luncurkan e-Samdes, 26 BUMDes Bisa Layani Pembayaran PKB

img
Gubernur Arinal Djunaidi berfoto bersama usai peluncuran e-Samdes

MOMENTUM, Lamteng--Gubernur Arinal Djunaidi meluncurkan aplikasi e-Samdes (Samsat Desa) di Desa Wates Kecamatan Bumiratu Nuban Lampung Tengah, Selasa (14-9-2021).

Sehingga, 26 BUMDes di Lampung kini telah bisa melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor (PKB) melalui aplikasi e-Samdes.

Gubernur menjelaskan, PKB merupakan sektor penyumbang tertinggi terhadap pendapatan asli daerah (PAD) di Lampung.

Karena itu, untuk meningkatkan penerimaan PKB maka perlu dilakukan peningkatan pelayanan dan pengembangan serta perluasan pelayanan terhadap masyarakat.

"Pada tahun ini, telah dikembangkan inovasi pelayanan pembayaran PKB melalui Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) menggunakan aplikasi e-Samdes dan aplikasi L-Smart milik Bank Lampung," jelasnya.

Hal tersebut selaras dengan program Gubernur Lampung tentang Smart Village atau Desa Cerdas Berbasis Digital. Sehingga bertujuan untuk mempermudah pelayanan terhadap masyarakat.

"Ini penting. Satu kata dan satu bahasa, mudahkan pelayanan. Dan ini milik kita semua, yang pada akhirnya pajak terkumpul untuk membangun daerah," terangnya.

Gubernur mengatakan, dengan aplikasi E-Samdes, msyarakat cukup mendatangi BUMDes yang ada di wilayah tempat tinggalnya dan dapat melakukan transaksi pembayaran PKB. 

"Setelah selesai melakukan transaksi pembayaran PKB maka wajib pajak akan menerima tanda bukti telah melaksanakan pembayaran PKB," ujarnya. (**)

Laporan/Editor: Agung DW



Leave a Comment