Sutjiati dan Target Olympiade

img
Sutjiati Kelanaritma Narendra (kiri).

MOMENTUM, Bandarlampung--Nama Sutjiati Kelanaritma Narendra makin berkibar di kalangan pencinta olahraga Indonesia usai meraih dua medali emas dan satu perak di ajang PON XX Papua 2021. 

Selain keahliannya di arena lomba, kecantikan perpaduan Indonesia – Amerika ini membuat penampilannya makin eksotik.

Keberhasilan Sutjiatti dalam merebut tiga medali emas sekaligus di Istora Lukas Enembe, Jayapura merupakan prestasi yang gemilang. Apalagi, Sutji baru tiga tahun menetap di Lampung. Sebelumnya, gadis belia ini tinggal di Amerika Serikat bersama orangtuanya. 

Meninggalkan negeri Paman Sam, Sutjiati menginjakkan kakinya pertama kali di Tanah Air pada 2018 bersama kedua orangtuanya. Lalu, dia berpindah kewarganegaraan menjadi WNI dan kembali ke kampung sang ayah di Lampung.

Sutjiati anak pertama dari pasangan Andy Narendra dan Christina. Lahir di New York pada 13 Februari 2004. Darah Amerika Serikat mengalir dari sang ibu, warga Amerika Serikat. Selama tinggal di AS, Sutjiati pernah menjadi bagian dari Timnas Gymnastic AS.

Sejak umur delapan tahun, Sutjiati sudah berlatih senam. Menjadi atlet senam dan masuk ke arena Olympiade merupakan cita-citanya. 

Kecintaan itu membuat Sutjiati rela waktu bermainnya digantikan berlatih senam setiap hari. Kesukaan itu berawal dari nonton Olympiade 2012 di London.

"Dari sini terus senang, dan ingin masuk ke arena Olympiade. Setiap hari saya berlatih delapan jam, ini dibagi dua sesi,” kata Sutji mengawali obrolan dengan kru harianmomentum, Selasa (12-10-2021).

Dia mengaku sejak kecil dididik mandiri dan disiplin. Apa yang sudah menjadi pilihan, harus tekenuni hingga berprestasi. Ini juga yang membuat tekadnya untuk dapat meraih yang terbaik di senam.

Dia pun terus maju mengarungi kompetisi demi kompetisi di benua Amerika hingga Eropa. Keterampilannya pun semakin terasah serta kian matang.

Berkat kecakapannya dalam bersenam ritmik tingkat mancanegara itu, Sutji bahkan pernah menjadi bagian dari Tim Nasional Amerika

Ia mengaku terharu terhadap dukungan yang diberikan kepadanya. Tidak menyangka dukungan begitu banyak dari masyarakat Lampung, baik dari KONI dan Pemprov Lampung. 

"Di sini luar biasa, sangat berbeda dengan di Amerika. Rasa kekeluargaan di Indonesia cukup besar. Kalau di Amerika saya menang pun sendiri," katanya.

Dua medali emas yang diraih Sutjiati di nomor alat bola dan nomor pita simpai. Sementara, medali perak diperolehnya dari nomor semua semua alat perorangan. 

Sutjiati tampi luar biasa di nomor alat bola. Ia berhasil meraih 18.700 poin, unggul jauh dari kompetitornya asal DKI Jakarta Carla Febri Florentia yang meraih 16.050 poin.

Sutji pun menegaskan, tidak pernah menyesal atau kecewa meninggalkan Timnas Junior Amerika. Malah bangga bisa menjadi orang Indonesia, dan bisa memberikan hasil yang terbaik. 

Namun, gadis berambut panjang ini tidak puas dengan prestasi yang diraihnya. Sutji mengaku ingin menggapai target lebih tinggi lagi. Selanjutnya, bisa menjadi yang terbaik juga di ajang Sea Games nanti. Dalam waktu dekat, Sutji mempersiapkan diri berlatih secara rutin di Bulgaria mencari  gerakan-gerakan baru untuk senam Ritmik.

Prestasi sebelumnya Sutji juga pernah meraih medali emas di dua alat: bola dan allround, dan di nomor hoop mendapatkan medali perak. Pada kejuaraan senam ritmik di Republik Serbia yang digelar di Kota Belgade, Minggu 16 Mei 2021.

Menurut Sutji prestasi yang diraihnya selama ini tidak terlepas dari dukungan dari keluarga, terutama kedua orangtuadan sang eyang yang sangat mensuport. Kedisiplinan diri merupakan modal utama untuk dapat meraih yang terbaik. 

Sutji sejak kecil sudah dilatih untuk disiplin,” kata sang Ayah Andi Narendra menambahkan didampingi sang ibu Christina. 

Andy mengaku bangga Sutji mampu meraih tiga medali diajang PON lalu. Ia berterima kasih atas dukungan dari Pemprov dan masyarakat Lampung yang luar biasa. (**)

Berikut profil atlet senam Lampung:

Nama: Sutjiati Kelanaritma Narendra

Tanggal Lahir: 13 February 2004 

Prestasi Tahun 2017 - 2018 di Olahraga Senam Ritmik

Tim Nasional Amerika Serikat Tahun 2018 (tanpa urutan peringkat)

Kompetisi:

Turnamen Portimão International Rhythmic Gymnastics, Di Portugal – April-Mei 2018 (FIG)

Irina Cup, Warsaw, Polandia – April 2018 (FIG)

Rumi and Albena, Varna, Bulgaria – Maret 2018  

• Peringkat ke 1 di alat pita dan peringkat ke 5 di alat bola

Aphrodite Cup, Athena, Yunani – Maret 2018

• Peringkat ke 4 di alat bola

Terseleksi dan masuk ke Tim Elit Muda Senam Ritmik Amerika Serikat

(Elite Squad)

Dikelola oleh USA Gymnastics, Elite Squad adalah kelompok atlet muda tertentu yang dipilih langsung oleh Direktur program senam ritmik Amerika Serikat untuk berlatih selama setahun dalam segi teknik, stamina, dan pengembangan kondisi fisik. Para pelatih dari setiap klub wajib menemani atlet yang dipilih yang juga dilatih langsung oleh guru besar balet Amerika Serikat, Sonya Yankova, dan juga sering dilatih bersama pelatih tamu undangan lainnya dari manca negara. 

Lokasi di Lake Placid Olympic Training Center, Lake Placid, New York – Mei 2018

• Persiapan untuk Kejuaraan Nasional

Lokasi di Karolyi Ranch National Team Training Center, Huntsville, Texas - Desember 2017 

Lokasi di Lake Placid Olympic Training Center, Lake Placid, New York - September 2017

• Posisi kedua pada hasil tes kekuatan dan kelenturan tubuh 

Kompetisi Internasional lainnya, Level 10 Junior

Las Vegas Invitational – Januari 2018

• Peringkat ke 1 Keseluruhan (All Around)

• Peringkat ke 1 di alat hoop, Peringkat ke 2 di alat pita, Peringkat ke 4 di alat gada, peringkat ke 6 di alat bola

DuGym Cup, Dubai, United Arab Emirates – Desember 2017

• Peringkat ke 2 di alat pita

• Master Classes dipimpin oleh Evgenia Kanaeva, Salome Pazhava, Elena Karpushenko (dari Russia)

Las Vegas Invitational – Juni 2017

• Peringkat ke 1 di alat gada

Kompetisi Nasional

Kompetisi Nasional Senam Ritmik Amerika Serikat: 

Greensboro, North Carolina (Level 10) - Juli 2018 

• Peringkat ke 17 Keseluruhan (All Around)

Tantangan Ritmik & Pertandingan Undangan Level 9/10, Olympic Training Center, Lake Placid, New York - Februari 2018

• Peringkat ke 2 Keseluruhan (All Around)

• Peringkat ke 1 di alat bola, Peringkat ke 2 di alat pita, Peringkat ke 3 di alat gada 

Kualifikasi Kompetisi Nasional – Lake Placid Olympic Training Center, New York

Masuk ke kualifikasi untuk berkompetisi di tingkat Nasional - Mei 2018 

Masuk ke kualifikasi level 10, level tertinggi di Senam Ritmik Amerika Serikat - Mei 2017.

Editor: Nurjanah






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos