Pemkab Lamtim Lakukan Tes Kebugaran ASN

img
Wakil Bupati Lampung Timur Azwar Hadi melepas kegiatan tes kebugaran ASN.

MOMENTUM, Sukadana--Pemerintah Kabupaten Lampung Timur melaksanakan tes kebugaran bagi apratur sipil negara (ASN) di lingkungan pemkab setempat.

Kegiatan yang dikemas dalam bentuk kampanye Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang dipusatkan di Lapangan Pemkab Lamtim di Sukadana tersebut dilepas Wakil Bupati Azwar Hadi, Jumat (26-11-2021).

Staf Ahli Bupati Bidang Kemasyarakatan dan SDM Pemkab Lampung Timur M Yusuf Hr menjelaskan pemeriksaan kesehatan dan pemeriksaan kebugaran jasmani bagi ASN di lingkungan Pemkab Lamtim sebagai rangkaian kegiatan dalam Hari Kesehatan Nasional yang ke 57.

"Pembinaan dan pemeriksaan ini penting untuk menjaga kondisi prima para ASN. Pemeriksaannya meliputi anamnesis, pemeriksaan fisik laboratorium dan melakukan pembinaan untuk meningkatkan kebugaran jasmani bagi para ASN sehingga tetap sehat dan produktif," ujarnya saat membacakan sambutan Bupati Dawam Rahardjo.

Yusuf melanjutkan menjaga kesehatan dalam kehidupan sehari-hari sangat penting dilakukan karena apabila kurang menjaga kesehatan makan penyakit sangat menyerang tubuh kita.

"Pencegahan penyakit sangat tergantung pada perilaku individu yang didukung oleh kualitas lingkungan, ketersediaan sarana dan prasarana serta dukungan regulasi untuk hidup sehat, maka diperlukan keterlibatan aktif secara terus-menerus dari seluruh komponen bangsa, baik pemerintah pusat dan daerah, sektor non pemerintah, maupun masyarakat," tambahnya.

Sementara itu Kepala Dinas Kesehatan Dokter Nanang Salman Saleh menjelaskan pemeriksaan kesehatan dan tes kebugaran ini sebagai upaya dalam mencegah dan mendeteksi berbagai penyakit yang ada ditubuh manusia. 

"Meningkatnya kasus PTM akan menambah beban pemerintah karena penanganannya membutuhkan biaya yang besar dan ini salah satu upaya pencegahan yang dilakukan Pemkab Lamtim," ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut juga dilakukan gerakan mencuci tangan dan makan buah bersama. (*)

Laporan: Arif Fahrudin

Editor: M Furqon.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos