Edy Irawan Tunjuk Tiga Plt Baru Ketua DPC Demokrat!

img
ilustrasi.

MOMENTUM, Bandarlampung--Ketua DPD Demokrat terpilih Edy Irawan Arief dikabarkan menunjuk pelaksana tugas (Plt) baru untuk tiga pimpinan DPC kabupaten/kota.

Tiga Plt Ketua DPC yang diganti yakni Yandri Nasir untuk Lampung Timur, Juwita Zahra Pringsewu dan Zainuri Kota Metro.

Seperti informasi yang diterima redaksi harianmomentum.com, Minggu (9-1-2022), keputusan pergantian itu dijelaskan dalam Surat Tugas Nomor : 001 / OKK / DPD / LPG / 1 / 2022. Dalam surat itu, Sekretaris DPC Lampung Timur Taufik Gani ditugaskan untuk melaksanakan tugas-tugas Ketua DPC hingga terbit SK Plt Ketua yang baru. 

"Mengingat tugas dan wewenang Ketua DPD Partai Demokrat dalam AD/ART maka dengan ini Ketua DPD Partai Demokrat Lampung menugaskan saudara Taufik Gani Sekretaris DPC Lampung Timur untuk melaksanakan tugas-tugas Ketua Plt Lampung Timur," tulis potongan surat tersebut.

Hal itu, disebut, memperhatikan Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga hasil Kongres Partai Demokrat tahun 2020 tentang Plt ketua DPC bahwa, 

Pertama, Ketua DPC Defenitif adalah Ketua Hasil Musyawarah Cabang, sesuai dengan Anggaran Dasar pada Bab VII Pasal 60 Ayat 1 tentang Ketua DPC dipilih dan ditetapkan oleh DPP bersama dengan DPD setelah menerima sebanyak-banyaknya tiga nama calon hasil dari muscab. 

Kedua, Plt Ketua DPC menjabat maksimal 1 tahun sesuai dengan AD ART pada Bab VI Pasal 82 Ayat 3 huruf C tentang Jangka Waktu Kepengurusan dan Plt yang berbunyi Jangka waktu Plt sebagaimana dimaksud pada butir (2) berlaku paling lama 1 tahun. 

Surat tersebut ditandatangani Edy Irawan pada 7 Januari 2022 dan hanya ditembuskan pada Ketua Badan Pembina Organisasi, Kaderisasi, dan Keanggotaan (BPOKK).

Sayangnya hingga berita ini diturunkan, Edy Irawan Arief belum berhasil dimintai klarifikasinya. Pesan yang dikirimkan tidak dibalas, telepon tidak diangkat meskipun nomor ponsel dalam keadaan aktif.

Sementara Ketua DPC Pringsewu Juwita Zahara membenarkan terkait pemecatannya oleh Ketua DPD terpilih Edy Irawan Arief.

Yudith--sapaan akrabnya--mengatakan, mengetahui kabar tersebut dari Sekretaris DPC Demokrat Pringsewu bahwa ada “surat tugas” baru dari DPD yang ditandatangani Ketua DPD Lampung, Edy Irawan.

"Kaget, pasti. Saya masih berada di luar kota, dalam rangka berobat. Sejak beliau (Edy Irawan) terpilih, Saya belum sempat bertemu fisik karena belum ke Lampung. Namun saya ucapkan selamat atas terpilihnya beliau," ujar Yudith, Minggu (9-1-2022) malam.

Selanjutnya Yudith mempertanyakan terkait kewenangan Ketua DPD Partai Demokrat saat ini apakah bisa menonaktifkan Ketua DPC dan bisa mengangkat Plt Ketua DPC.

"Apakah wewenang DPP sekarang sudah diambil alih DPD? Menurut saya lucu, SK beliau belum keluar, pelantikan belum dilaksanakan, sudah bisa pecat Ketua DPC," ungkapnya.(**)

Laporan: Ira Widya

Editor: Agus Setyawan






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos