Sidoharjo Bangun Perpustakaan dengan Dana Desa

img
Wakil Bupati Pringsewu Fauzi meninjau Perpustakaan Pekon Sidoharjo yang dibangun menggunakan dana desa.

MOMENTUM, Pringsewu--Pekon (desa) Sidoharjo, Kecamatan Pringsewu merupakan salah satu pekon di Kabupaten Pringsewu yang telah mendirikan perpustakaan menggunakan dana desa.

Langkah itu mendapat apresiasi dari Pemerintah Daerah Pringsewu karena dinilai merupakan wujud upaya menyukseskan Pringsewu Kabupaten Literasi.

Wakil Bupati Pringsewu Fauzi pada Rabu (12-1-2022), meninjau Perpustakaan Pekon Sidoharjo tersebut memimpin apel yang diikuti aparatur kecamatan dan para kapekon, babinsa dan bhabinkamtibmas serta bidan desa setempat.

Wabup didampingi Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pringsewu Yanwir, Camat Pringsewu Moudy Ary Nazolla, Ketua APDESI Kabupaten Pringsewu Abidin serta Kepala Pekon Sidoharjo Supratikno.

Dia berharap  keberadaan perpustakaan Pekon  dapat dimanfaatkan oleh  warga setempat, khususnya anak-anak usia sekolah.

Fauzi  juga mengharapkan agar koleksi buku perpustakaan maupun bahan bacaan lainnya tidak hanya berasal dari instansi terkait, namun juga dapat berasal dari sumbangan masyarakat.

Oleh karena itu, dia mengajak masyarakat untuk dapat menyedekahkan buku atau bahan bacaan lainnya yang bermanfaat untuk perpustakaan, yang disebutnya sebagai salah satu amal jariyah.
"Perpustakaan Pekon Sidoharjo ini kiranya dapat menjadi contoh bagi pekon maupun kelurahan lainnya di Kabupaten Pringsewu,"ucapnya.

Sementara Kadis Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Pringsewu Yanwir HK mengungkapkan di Kabupaten Pringsewu baru ada dua pekon yang telah mendirikan perpustakaan menggunakan dana desa. Bumiratu, Kecamatan Pagelaran dan Sidoharjo, Kecamatan Pringsewu.

"Saya berharap ke depan langkah kedua pekon tersebut akan diikuti oleh pekon-pekon lain di Kabupaten Pringsewu," katanya. (**)


Editor: Muhammad Furqon


Leave a Comment