Atlet Lampung Peraih Dua Emas di PON Papua Khawatir Tak Bisa Ikut SEA Games di Vietnam

img
Sutji dan pelatih Yulianti saat latihan di Gedung Idola Pahoman. Foto: Glenn KS

MOMENTUM, Bandarlampung--Sutjiati Kelanaritma Narendra atau Sutji saat ini fokus latihan untuk persiapan mengikuti SEA Games 2021 yang akan dihelat di Vietnam pada Mei mendatang.

Atlet senam ritmik yang meraih dua medali emas dan satu perak untuk Lampung di PON Papua beberapa waktu lalu, mengaku sedih karena ada kemungkinan tidak dapat mengikuti SEA Games.

Kepada harianmomentum.com, Sutji mengatakan seharusnya sekarang mengikuti pelatihan nasional (pelatnas) untuk persiapan SEA Games.

"Tapi karena belum ada kejelasan dari Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI), jadi masih latihan di sini dulu," kata Sutji usai melakukan latihan di Gedung Senam Idola, Kamis (13-1-2022).

Dia mengungkapkan ada kemungkinan tidak diberangkatkan ke SEA Games karena tidak tersedianya dana untuk cabang olahraga (cabor) senam ritmik.

"Pelatihku yang bilang kalau senam ritmik mungkin tidak berangkat, tapi untuk cabor aerobik dan artistik tetap berangkat," ungkapnya.

Meski demikian, Sutji tetap bertekad untuk dapat mengikuti SEA Games. Oleh karena itu, dia mengatakan akan menggunakan dana pribadi jika memang tidak dapat berangkat karena ketidaktersediaan dana dari pemerintah.

"Karena kalau tidak sekarang, aku harus menunggu lagi di SEA Games selanjutnya. Sedangkan aku ingin mewakili Indonesia dan juga belum pernah mengikuti SEA Games," ujarnya.

Sutji mengaku sedih jika tidak dapat diikutsertakan dalam perhelatan SEA Games 2021. "Aku merasa latihannya jadi sia-sia saja kalau begini," ucapnya.

Dia berharap semoga semua organisasi pengurus dan KONI bisa tetap memperhatikan dan mendukung atletnya meski PON sudah selesai.

"Karena atlet di sini semuanya bekerja dengan keras, dan kapanpun siap untuk mewakili Lampung bahkan Indonesia," tegas Sutji.

Pelatih Sutji, Yulianti mengatakan kalau cabang olahraga senam ritmik tidak ada di pelatnas. "Jadi Sutji latihan di sini. Tapi untuk aerobik dan artistik ada pelatnasnya," kata Yuli.

Dia berharap mendapatkan perhatian khusus pemerintah agar Sutji dapat mengikuti SEA Games.

Meski demikian, Yuli mengungkapkan telah mempersiapkan rencana yang terburuk jika memang sampai mendekati SEA Games tetap tidak ada dana yang tersedia.

"Ya saya sudah berembuk dengan keluarga Sutji dan memutuskan akan tetap berangkat dengan dana pribadi," ungkapnya.

Dia mengatakan bahwa Sutji juga memilki tekad yang kuat untuk bertanding di SEA Games.

"Jadi tidak mungkin saya melepas dirinya bertanding sendiri, akan tetap saya dampingi mau bagaimanapun juga," tegasnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Lampung, Descatama Paksi Moeda sampai saat ini belum bisa dikonfirmasi mengenai hal tersebut.


Editor: Muhammad Furqon


Leave a Comment