Penanganan DBD, PMI Metro Jamin Stok Darah Cukup

img
ilustrasi/ist

MOMENTUM, Metro--Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Metro menjamin stok darah untuk memenuhi kebutuhan transfusi akibat demam berdarah dengue (DBD) mencukupi hingga bulan Maret mendatang.

"Saat ini stok darah di PMI Kota Metro ada 308 kantung," kata Ketua PMI Kota Metro Silfia Naharani Wahdi pada Harianmomentum.com, Rabu (26-1-2022).

Dia menjamin pihaknya mampu memenuhi kebutuhan transfusi darah untuk penanggulangan DBD yang saat ini sedang menjangkit di Kota Metro.

"Kita terus bekerjasama dengan berbagai pihak, terutama sekolah untuk menggelar bakti sosial donor darah, untuk memenuhi kebutuhan transfusi. Terutama dalam penanganan DBD," ungkapnya.

Baca juga: Satu Warga Metro Meninggal Dunia

Terpisah, Wakil Ketua PMI Kota Metro Endah Anikke mengatakan, kebutuhan transfusi darah di kota setempat mencapai 60 sampai dengan 70 kolf perhari. 

"Khusus RSUD Ahmad Yani yang memiliki BDRS (Bank Darah Rumah Sakit). Pihak PMI hanya memenuhi permintaan droping dua kali dalam satu minggu," kata Endah.

Menurut dia, ketersedian stok darah selalu berubah. Tergantung tingkat kebutuhan dan jumlah pendonor. 

"Saat ini kita punya stok 308 kantung dari berbagai golongan darah: A, B, AB dan O. Jadi Insya Alloh aman untuk tiga hari kedepan dan semoga juga masih tetap terpenuhi untuk penanganan DBD," ungkapnya.(**)


Editor: Munizar


Leave a Comment