Korban Bencana Angin Puting Beliung Dapat Bantuan dari Pemda

img
Pemkab Pringsewu memberi bantuan kepada korban angin puting beliung di Kecamatan Gadingrejo.

MOMENTUM, Pringsewu -- Korban angin puting beliung di wilayah Kecamatan Gadingrejo, Kabupaten Pringsewu, memperoleh bantuan dari pemerintah daerah setempat.

Bantuan diterima oleh masing-masing korban berupa material bangunan terdiri dari lima zak semen, 20 lembar asbes dan setengah kubik balok serta paket sembako.

Bantuan diserahkan oleh Wakil Bupati Pringsewu Fauzi kepada warga korban bencana pada Jumat (28-1-2022).

Wakil Fauzi didampingi Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Pringsewu Edi Sumber Pamungkas serta jajaran forkopimda dan pamong setempat berharap bantuan yang diberikan dapat bermanfaat dalam rangka meringankan beban penderitaan.

Menurutnya, bantuan itu bukanlah untuk mengganti nilai kerugian."Namun bantuan ini merupakan salah satu bentuk perhatian pemerintah kepada warganya yang tertimpa musibah, bahwa pemerintah hadir di tengah masyarakat,"ucapnya.

Fauzi menuturkan,  terjadinya bencana alam tidak bisa direncanakan, akan tetapi penanggulangannya harus direncanakan. "Kita tentu tidak ingin musibah itu terjadi. Karenanya, kita harus mengantisipasi dan seluruh masyarakat untuk senantiasa waspada dan berhati-hati,"himbaunya.

Di Pringsewu sering terjadi angin kencang dan puting beliung. "Saya meminta supaya pohon-pohon yang sekiranya berpotensi dapat menyebabkan terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, seperti pohon tumbang yang dapat berakibat menimpa rumah warga, agar dapat ditebang. Mari sama-sama kita peduli terhadap lingkungan,"ajak Fauzi.

Sementara itu Sugiyono (52), warga Pekon Yogyakarta Selatan, yang rumahnya roboh tertimpa dua batang pohon jati tumbang diterjang angin, menjelaskan peristiwa yang terjadi pada Selasa (24-1-2022) petang.

Saat peristiwa terjadi, ia baru saja pulang dari sawah. Beruntung, ia dan seluruh anggota keluarganya dapat menyelamatkan diri.

Akibat peristiwa tersebut, Sugiyono mengaku mengalami kerugian materi sekitar Rp25 juta. Terdiri dari satu unit rumah berdinding geribik bambu beserta peralatan dan perabotan rumah tangga di dalamnya yang turut hancur.

Berdasarkan data dari BPBD Kabupaten Pringsewu, bencana angin puting beliung itu menerjang sekitar 15 rumah dan dua kandang ternak milik warga di Pekon Yogyakarta, Yogyakarta Selatan, Mataram, Kediri dan Pekon  Bulurejo semuanya di Kecamatan Gadingrejo

Hal itu mengakibatkan kerusakan, baik ringan, sedang hingga berat dan bahkan sebagian roboh. Sedangkan pohon tumbang, tercatat di Pekon Yogyakarta sebanyak enam batang pohon, Yogyakarta Selatan empat batang pohon, Mataram lima batang pohon, Kediri delapan batang pohon serta Bulurejo delapan batang pohon. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos