Karnaval Budaya FSB, Parosil Ajak Seluruh Elemen Bersinergi

img
Bupati Lambar Parosil Mabsus menerima sekapur sirih pada acara Karnaval Budaya Festival Sekala Bekhak VIII

MOMENTUM, Liwa--Hujan deras, tak menyurutkan peserta karnaval budaya Festival Sekala Bekhak (FSB) VIII pun warga yang menyaksikan. Warga antusias memenuhi Lapangan Merdeka, Kelurahan Pasarliwa, Kecamatan Balikbukit, tempat dihelatnya karnaval budaya festival tersebut, Rabu (13-7-2022).

Karnaval budaya FSB VIII dimulai tepat pukul 13.30 WIB. Peserta karnaval dari 15 kecamatan mengenakan berbagai kostum unik, bergerak beriringan dari Taman Kota Hamtebiu menuju Lapangan Merdeka Kelurahan Pasarliwa.  

Bupati Lambar Parosil Mabsus mengatakan, FSB bukan sekedar even promosi wisata rutin yang digelar setiap tahun. Lebih dari itu sebagai upaya memperkenalkan sekaligus menjaga kelestarian budaya daerah sebagai warisan kearifan lokal.

"Kabupaten Lampung Barat, bukan hanya kaya dengan potensi wisata alam. Kita juga punya beragam budaya dan adat istiadat yang khas. Festival Sekala Bekhak ini, menjadi sarana kita melestarikan sekaligus mengembangkan potensi kebudayaan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sektor pariwisata," kata bupati.


Penyelenggaraan FSB juga menjadi kebanggaan bagi masyarakat Kabupaten Lambar. 

"Tahun 2021, Festival Sekal Bekhak menjadi menjadi satu-satunya even promosi wisata di Provinsi Lampung  yang masuk Kalender Even  Pariwisata Nasional dalam program Kharisma Event Nusantara. Tahun ini, Festival Sekala Bekhak kembali masuk dalam 110 even yang ditetapkan kemenparekraf sebagai event festival nasional," ungkapnya.

Bupati berharap, penyelenggaraan FSB VIII bisa menjadi sarana memperkuat sinergi seluruh elemen masyarakat dan pemerintah untuk memaksimalkan upaya pemulihan ekonomi pasca pandemi covid-19.

"Melalui Festival Sekala Bekhak, mari bersama kita bangkitkan perekonomian Kabupaten Lampung Barat dengan mengoptimalkan pengembangan potensi pariwisata," ajaknya. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos