Dawam Motivasi Kontingen Jamnas Lamtim

img
Bupati Lamtim Dawam Rahardjo menyaksikan penampilanTari Melinting pada malam Pagelaran Budaya Nusantara Jambore Nasonal XI tahun 2022 di Bumi Perkemahan Nasional, Cibubur, Jakarta

MOMENTUM, Cibubur--Pemkab Lampung Timur (Lamtim) senantiasa mendukung dan mendorong eksistensi dan upaya pengembangan Gerakan Pramuka sebagai wadah pembinaan mental dan keterampilan generasi muda.

Hal tersebut disampaikan Bupati Lamtim Dawam Rahardjo kepada kontingen Pramuka kabupaten setempat yang sedang mengikuti Jambore Nasional XI di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta.

"Anggota Pramuka Kabupaten Lampung Timur harus bisa menjadi pelopor penggerak peran aktif generasi  muda dalam mendukung program pembangunan. Pemkab akan terus mendukung dan mendorong program-program keparamukaan," kata Dawam yang juga Ketua Majelis Pembimbing Kwarcab Gerakan Pramuka Kabupaten Lamtim.

Karena itu, dia meminta, kikutsertaan pada Jamnas tersebut dimanfaatkan sebagai wahana memperkenalkan potensi pembangunan Kabupaten Lamtim. Salah satunya seni dan budaya.

"Jambore Nasional ini harus menjadi momentum memperkenalkan potensi kesenian dan kebudayaan daerah Kabupaten Lampung Timur. Alhmadulillah, tari Melinting ikut ditampilkan  pada agenda Jambore Nasiona. Bahkan, juga akan ditampilkan di Istana Negara pada acara peringatan HUT ke 77 Kemerdekaan Republik Indonesia, 17 Agustus mendatang," ungkapnya.

Bupati juga berpesan kepada seluruh kontingen Jamnas Kabupaten Lamtim untuk senantiasa menjaga nama baik daerah.

Ketua Panitia Daerah Jamnas Konda Lampung M Muslih membenarkan, tani Melinting dari Kabupaten Lamtim akan ditampilkan pada pagelaran Budaya Nusantara Jamnas XI.

"Selain Kwarda Pramuka Provinsi Lampung yang akan menampilkan tari Melinting dari Lampung Timur, mewakili Zona Sumatera dalam malam Pagelaran Budaya Nusantara Jamnas XI,  ada  tiga Kwarda lain yang juga akan menampilkan kesenian khasnya: Kwarda DKI Jakarta mewakili Zona Jawa, Kwarda Kalimantan Timur mewakili Pulau Kalimantan dan yang terakhir adalah Kwarda Papua," paparnya.

Ketua Kwarcab Pramuka Kabupaten Lamtim Yus Bariah menyampaikan kebanggaan atas tampilnya tari Melinting dalam malam Pagelaran Budaya Nusantara Jamnas XI.

"Ini kebanggaan bagi Lampung Timur, karena tari Melinting tampil dalam malam Pagelaran Budaya Nusantara ini, bukan hanya mewakili Provinsi Lampung, tapi juga Pulau Sumatera," kata Yus Bariah.

Ditampikanya tari Melinting itu, lanjut dia, akan semakin memotivasi Gerakan Pramuka Lamtim dalam mendukung upaya pelestarian dan pengembangan kebudayaan daerah. (**) 


Editor: Munizar


Leave a Comment