Kodim 0410 Gelar Pawai Kebangsaan

img
Kasdim 0410 Kota Bandarlampung, Lekol Inf Imam Syafei dengan salah satu kendaraan yang mengikuti Pawai Kebangsaan.

MOMENTUM, Bandarlampung--Dalam rangka memerihkan HUT RI ke 77 di Kota Bandarlampung, Kodim 0410 menggelar Pawai Kebangsaan pada Rabu, (17-8-2022).

Pawai Kebangsaan dilaksanakan dengan ratusan mobil antik yang melakukan iring-iringan mengitari Kota Bandarlampung.

Kepala Staf Kodim 0410 Kota Bandarlampung, Letnan Kolonel Infanteri (Letkol Inf), Imam Syafei mengungkapkan Pawai Kebangsaan ini bertujuan untuk meningkatkan kembali jiwa kemerdekaan pada 17 Agustus.

Menurut dia, kemerdekaan rakyat sempat terhambat karena adanya pandemi yang terjadi Indonesia selama dua tahun terakhir.

"Oleh karena itu, pawai kebangsaan ini dilaksanakan untuk membangkitkan kembali gairah kemerdekaan setelah dua tahun kemarin terhambat karena adanya pandemi," kata Letkol Inf, Imam Syafei kepada harianmomentum.com di Lapangan Saburai pada Rabu, (17-8-2022).

Dia menjelaskan, mobil-mobil yang mengikuti Pawai Kebangsaan memiliki nilai sejarahnya masing-masing. 

"Bahkan, mobil yang berdarah-darah karena mengikuti pada jaman perjuangan untuk meraih kemerdekaan pun turut mengikutti pawai hari ini. Saya nilai para pemilik mobil antik ini ikut andil dalam melestarikan kebudayaan masa perjuangan untuk meraih kemerdekaan," ucapnya.

Dia mengungkapkan ratusan mobil antik mengikuti kegiatan Pawai Kebangsaan yang dilaksanakan oleh Kodim 0410.

"Mobil yang paling tua disini yaitu tahun 1941, mobil itu juga saksi bisu pada saat Indonesia meraih kemerdekaannya pada tahun 1945 karena diikut sertakan untuk berperang," ujarnya.

Dia menyebutkan berbagai jenis mobil antik yang mengikuti Pawai Kebangsaan, yakni Jeep Willys, Wagon, Hardtop, VW Beetle dan Land Rover.

"Totalnya ada seratusan mobil, ini semua rencana mendadak tetapi bisa diikutti sebanyak ini. Apalagi kalau direncanakan dari jauh-jauh hari, pasti bisa lebih ramai lagi," jelasnya. 

Dia mengungkapkan rencananya pada 5 Oktober dalam rangka memperingati HUT TNI akan kembali mengadakan parade mobil antik dengan jumlah mobil yang lebih banyak lagi.

"Untungnya tanggappan para masyarakat sangat positif sekali terhadap Pawai Kebangsaan ini karena ikut menikmati mobil-mobil antik yang ada disini," tuturnya.

Pawai Kebangsaan ini dilaksanakan pada pukul 14.20 WIB dengan rute Kodim 0410 - Jalan Imam Bonjol - Jalan Pramuka - Bundaran Hajimena - Jalan Z.A Pagar Alam - Mall Boemi Kedaton - Jalur dua Wayhalim - Jalan Rahman Hakim - Jalan Antasari - Stadion Pahoman - Jalan Jenderal Sudirman dan berakhir di Lapangan Saburai.






Editor: Harian Momentum





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos