Tim Robotik UKM IBN Pringsewu Juara Lomba Teknologi Tepat Guna

img
Tim Robotik UKM IBP Pringsewu peraih juara lomba teknologi tempat guna tahun 2022

MOMENTUM, Prignsewu--Tim Robotik Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Institut Bakti Nusantara (IBN) Kabupaten Pringsewu, menyabet gelar juara pada Lomba Inovasi Daerah kategori Teknologi Tepat Guna (TTG) tahun 2022. Lomba tersebut diselenggarakan Badan Penelitian dan Pengembangan Daerah Kabupaten Lampung Tengah.

Dalam gelaran lomba tersebut, Tim Robotik UKM  BN Pringsewu mengirimkan beberapa inovasi teknologi tepat guna. Salah satunya alat pengisian dan penjernih air otomatis dengan metode filtrasi berbasis android.

Abdul Jalil Tegar Rafiqih salah satu anggota tim Robotik UKM IBN Pringsewu mengatakan, latar belakang diciptakan alat tersebut adalah masalah air bersih yang banyak tercemar zat-zat berbahaya, seperti: zat kapur, besi, tocix dan  lumpur.

“Dengan adanya alat ini diharapkan dapat membantu masyarakat dalam mengatasi pencemaran terhadap air tanah yang semakin hari semakin memprihatinkan,”  kata Abdul Jalil didampingi anggota tim lainya Yoana dan Dosen pendamping Budi Usmanto.

Cara kerja alat tersebut: menyaring air melalui media filterisasi. Kemudian, jika telah digunakan maka media filterisasi akan menyerap zat-zat berbahaya sehingga perlu dibersihkan melalui proses backwash/pencucian dan rinse/pembilasan. "Proses tersebut berjalan secara otomatis sesuai dengan settingan pada web browser,"paparnya.

Abdul Jalil menambahkan, jika media sudah bersih, maka air yang bersih akan dialirkan ke toren hingga toren terisi penuh. Setelah itu, media filter akan dibersihkan lagi secara otomatis setelah itu baru pompa mati secara otomatis.

"Sistem cara kerja tersebut akan berjalan terus menerus, sehingga para pengguna alat tersebut akan mendapatkan air bersih secara terus menerus dalam toren," terangnya. 

Rektor IBN Pringsewu Dr.Fauzi mengapresiasi keberhasilan tim UMK menjuari lomba tersebut.

"Terus kembangkanlah inovasi dan kreatifitas, memanfaatkan teknologi sesuai lingkungan yang tepat guna dan dapat dimanfaatkan oleh masyarakat," pinta Fauzi.(**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos