Pemkab Lamteng Bangun PATS di Seputihmataram

img
Peletakan batu pertama pembangunan Pompa Air Tenaga Surya (PATS) di Lamteng.

MOMENTUM, Seputihmataram--Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lampung Tengah membangun Pompa Air Tenaga Surya (PATS).

Peletakan batu pertama pembangunan PATS dilakukan Bupati Lampung Tengah (Lamteng), H. Musa Ahmad, S.Sos, M.M., di Kampung Rejosarimataram, Kecamatan Seputihmataram, Rabu (05-10-2022).

Kegiatan turut dihadiri General Manager PT Bukit Asam Pelabuhan Tarahan, Kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat, Forkopimcam, Kelompok Tani, dan P3A.

Bupati Musa Ahmad mengatakan, awal mula pembangunan PATS itu setelah berkunjung ke Muara Enim, Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel).

Menurut Musa Ahmad, saat itu meninjau PATS di Muara Enim yang terlebih dahulu menggunakannya.

Melihat hal yang sangat menarik tersebut, Bupati Musa Ahmad beserta jajaran langsung menemui PT Bukit Asam, untuk membahas kerja sama yang baik tersebut dan selanjutnya meninjau langsung lokasi pembangunan.

“Ide ini berawal, dari sebuah permasalahan para petani yang saat ini hanya memanen 1x musim tanam dalam setahun. Namun, setelah menggunakan PATS dapat panem 3 kali dalam 1 tahun. Karena, tenaga surya ini bisa menghasilkan 200 liter air/detik,” jelasnya.

General Manager PT Bukit Asam Unit Pelabuhan Tarahan, Dadar Wismoko mengatakan, pembangunan PATS ini merupakan bantuan dari CSR PT Bukit Asam, dengan harapan setelah pembangunannya selesai bisa bermanfaat untuk pengairan lahan pertanian di sekitar Kecamatan Seputihmataram.

“Kabupaten Lamteng ini, merupakan Lumbung Pertanian di Provinsi Lampung. Dengan adanya PATS ini, diharapkan permasalahan irigasi tidak menjadi masalah lagi,” ujarnya.

Bahkan, kata Dadar, PT Bukit Asam akan terus mendampingi, dan memberikan pelatihan para tenaga operator untuk mengoprasikan PATS tersebut.

Di tempat yang sama, Komar salah satu petani di Seputihmataram, mewakili Petani dan P3A, mengucapkan terima kasih kepada Bupati Musa Ahmad, dan PT Bukit Asam serta pihak terkait yang mengupayakan pembangunan PATS.

Dia mengatakan, para petani mengetahui bahwa Bupati Musa Ahmad yang langsung yang menjemput bola, dengan mengunjungi PT Bukit Asam untuk pembangunan PATS.

“Alhamdulillah, Lamteng merupakan salah satu titik pembangunan PATS dari total 4 titik,” ujar dia.

Komar juga menyampaikan terima kasih kepada bupati Lamteng, karena para petani Seputih Mataram diberikan benih gratis untuk 120 hektare lahan.

“Semoga petani semakin sejahtera, karena beban membeli benih telah diberikan bantuan oleh pemerintah,” pungkasnya. (**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos