Dekranasda Kembali Gelar Lampung Craft, Waykanan Jadi Ikon

img
Ketua Dekranasda Lampung Riana Sari Arinal

MOMENTUM, Bandarlampung--Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) kembali menggelar Lampung Craft Tahun 2022.

Rencananya kegiatan yang berlangsung di Gedung Graha Wangsa itu akan dilaksanakan selama lima hari. Mulai tanggal 19 Oktober hingga 23 Oktober mendatang.

Hal itu disampaikan Ketua Dekranasda Lampung Riana Sari Arinal saat diwawancarai, Selasa (18-10-2022).

"Tahun ini kita kembali melaksanakan Lampung Craft yang ketiga kalinya selama lima hari," kata Riana.

Menurut Riana, untuk tahun ini, Waykanan menjadi Ikon Lampung Craft 2022. Hal itu juga bertujuan mengenalkan berbagai wastra yang berasal dari Waykanan.

"Juga ada kerajinan tas dari serat kayu dan batu bungur api. Selain hasil kerajinannya, di sana juga banyak potensi wisata," terangnya.

Dia berharap, dengan dijadikannya Waykanan sebagai Ikon Lampung Craft, akan mendongkrak potensi wisata di kabupaten setempat.

"Saya ingin kedepannya, orang melirik Waykanan. Ada apa sih di sana? Karena di sana juga masih banyak bangunan-bangunan tua," jelasnya.

Riana menjelaskan, pada Lampung Craft 2022 juga dilaksanakan berbagai kegiatan. Salah satunya Adu Gaya Geh Berkain di Lampung Craft.

Dia mengungkapkan, kegiatan itu diharapkan bisa mendongkrak minat generasi milenial dalam mengenakan kain khas Lampung dalam kehidupan sehari-hari.

Sebab, dia menilai, selama ini wastra Lampung hanya digunakan dalam acara-acara saja.

"Jadi kita ingin membuat ini menjadi kebiasaan. Misalnya nongkrong di cafe, kumpul bersama teman pakai kain. Karena kain itukan tidak harus formal," tuturnya.

Tidak hanya itu, Riana juga mengundang mahasiswa dari berbagai kampus untuk menghadiri Lampung Craft 2022. Sehingga bisa lebih mengenal dan mencintai wastra Lampung. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos