Ketua DPRD Lamteng Bagikan Bibit Padi MSP Gratis untuk Petani

img
Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) Sumarsono membagikan bibit padi MSP gratis kepada petani.

MOMENTUM, GunungsugihSejumlah petani di Kabupaten Lampung Tengah (Lamteng) diberi bibit padi gratis oleh Ketua DPRD Lamteng, Sumarsono.

Bibit padi yang diberi nama MSP (mari sejahterakan petani) itu diserahkan Sumarsono di Kebun Edukasi Perjuangan, Kelurahan Seputihjaya, Kecamatan Gunungsugih, Lamteng, Minggu (23-10-2022).

Sumarsono mengatakan bibit padi yang dibagikan itu untuk 500 hektare sawah. Ini merupakan salah satu upaya untuk menjaga kedaulatan pangan serta menyiapkan pangan untuk masyarakat.

“Sudah menjadi rutinitas saya setiap musim tanam selalu menyiapkan bibit padi MSP gratis untuk lahan 1000 hektare kepada para petani. Saya yakin jika hal yang sama juga dilakukan oleh bangsa dan negara dengan baik dan benar, kedaulatan pangan di Indonesia akan terjaga,” ujarnya.

Dikatakan, bibit padi MSP memiliki banyak keunggulan. Seperti malainya lebih panjang, lebih tahan terhadap penyakit, perawatannya lebih mudah, dan hasil panen lebih banyak dibandingkan jenis padi yang lainnya.

“Bibit ini adalah komposit. Artinya bibit ini bisa diturunkan dan tidak akan mengurangi produktifitas. Jadi, sejak nenek moyang, rakyat setiap tahun menyiapkan bibit untuk ditanam pada periode berikutnya. Tapi karena kapitalisme, membodohi rakyat. Mereka membuat bibit yang tidak bisa ditanam lagi dan hanya diproduksi pemilik modal. Ini adalah pembodohan dan pemiskinan tersistematis,” ungkap pria yang kerap di sapa Cak No ini.

Orang nomor satu di DPRD Lamteng ini menegaskan, siapapun masyarakat Lamteng yang mau datang ke Kebun Edukasi Perjuangan serta memiliki lahan dan mau bercocok tanam menyiapkan pangan untuk bangsa, bisa mendapatkan bibit padi ini secara gratis.

“Saya tidak pernah memilah dan memilah, siapapun yang ingin bercocok tanam menyiapkan pangan untuk bangsa bisa mendapatkan bibit gratis ini,” bebernya.

Menurut Sumarsono meskipun ini bibit gratis tapi kualitasnya tetap terjamin dan terbaik.

Sementara itu, Saniah petani asal Kampung Candirejo, Kecamatan Waypengubuan, Lamteng mengaku telah membuktikan hasil dari bibit MSP yang diberikan secara gratis oleh Ketua DPRD Lamteng ini.

“Saya senang mendapat bibit padi gratis. Ini yang kedua. Sebelumnya, saya sudah mendapatkan bibit secara gratis dan hasilnya luar biasa. Saya sudah membandingkan hasil dari padi MSP ini dengan padi jenis lain. Dan hasilnya cukup berbeda, jika padi jenis lain dalam lahan setengah haktare menghasilkan 40 karung, namun untuk padi MSP mendapatkan 70 karung,” ucapnya.

Soniah berharap, Ketua DPRD Lamteng dapat terus memperhatikan para petani. “Saya berterima kasih kepada Pak Sumarsono yang telah memperhatikan para petani. Semoga kedepan petani di Lamteng semakin sejahtera,” harapnya. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos