Camat dan Kades di Mesuji Diminta Waspada Bencana Hidrometeorologi

img
Kabuapten Mesujji. Ist

MOMENTUM, Mesuji -- Camat dan kepala desa (kades) di Kabupaten Mesuji diminta waspada bencana alam hidrometeorologi.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Mesuji Sunardi mengatakan bencana hidrometeorologi berupa kekeringan, banjir, badai, kebakaran hutan, longsor, angin puyuh, gelombang dingin, hingga gelombang panas.

Bencana itu dipicu kondisi cuaca dan iklim. Seperti peningkatan curah hujan, penurunan curah hujan, suhu ekstrem, cuaca ekstrem seperti hujan lebat yang disertai angin kencang serta kilat dan petir, katanya, Senin (24/10/2022)

Mengantisipasi terjadinya bencana tersebut, Penjabat Bupati Mesuji menerbitkan surat edaran yang meminta capat dan kepala desa di wilayahnya untuk melakukan tindakan waspada terhadap bencana alam hidrometeorologi.

Selanjutnya, Sunardi menjelaskan, prakiraan cuaca berdasarkan informasi Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), puncak musim hujan terjadi pada November 2022 (17%), Desember (33%) dan Januari 2023 (50%).

"Intensitas curah hujan yang tinggi di Kabupaten Mesuji berpotensi mengakibatkan bencana seperti banjir, angin kencang dan tanah longsor," ucapnya.

Sebagai langkah kesiapsiagaan untuk meminimalisir resiko bencana hidrometeorologi di Kabupaten Mesuji, kata dia, camat dan kepala desa diminta menyebarluaskan informasi kewaspadaan kepada masyarakat.

"Masyarakat untuk tetap waspada terhadap potensi bencana alam yang terjadi dengan melakukan seperti memangkas atau menebang pohon berukuran besar yang berada di area permukiman serta memadamkan sumber air listrik dan peralatan elektronik jika terjadi hujan lebat disertai petir," terang Sunardi.

Camat dan kepala desa diharapkan menggerakkan seluruh elemenya untuk dapat melakukan kerja bakti membersihkan saluran air drainase di area permukiman warga. Dan untuk dapat menyiapkan lokasi pengungsian diwilayahnya terutama dilokasi yang terkategori wilayah rawan bencana.

"Pada saat terjadi bencana, diharapkan kepada camat dan kepala desa untuk segera menyampaikan informasi kejadian bencana ke BPBD Kabupaten Mesuji," katanya. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos