Tim Penilai Lomba Desa Nasional Tinjau Bandaragung

img
Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad menyambut Tim Tim Direktorat Jendral Pemerintahan Desa Kementrian Dalam Negeri.

MOMENTUM, Terusannunyai -- Tim Direktorat Jendral Pemerintahan Desa Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) melakukan Klarifikasi Lapangan Penilaian Lomba Kampung/Desa Tingkat Regional 1 Nasional Tahun 2022 di Kampung Bandaragung, Kecamatan Terusannyuyai, Lampung Tengah (Lamteng), Jumat, 4 November 2022.

Bupati Lampung Tengah, Musa Ahmad, menyambut kedatangan Tim Nasional Lomba Kampung/Desa di lokasi penilian, di Kampung Bandaragung.,

Musa Ahmad berpesan untuk semua kampung yang ada di Lamteng agar menunjukan potensi unggulan yang ada. Terlebih dalam pelayanan yang memudahkan masyarakat, untuk bisa dirasakan oleh masyarakat  demi kesejahteraan.

Kampung Bandaragung memiliki potensi unggulan. Salah satunya, kata Musa, menerapkan smart village yang memudahkan pelayanan kepada masyarakat di era digital. Program ini selaras dengan program yang digagas oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi.

Untuk itu, Musa Ahmad juga telah menerbitkan Peraturan Bupati tentang Sistem Informasi Kampung Berjaya (SIKAM Berjaya) untuk memudahkan baik masyarakat maupun aparatur kampung dalam memberikan pelayanan dan informasi kepada masyarakat.

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Lomba Desa dan Kelurahan Tingkat Regional 1 Kemendagri, Andi Yuliarmiangsyah Razmi selaku Kepala Subdirektorat Evaluasi Perkembangan Desa wilayah 1 membenarkan bahwa Bandaragung masuk lima besar nominasi terbaik penilaian lomba desa/kampung tingkat nasional regional 1.

Untuk wilayah regional 1, lima desa dan kelurahan yang lolos. Desa Bandaragung  Provinsi Lampung, Gampong Pasie Marapat Provinsi Aceh, Desa Kumbang Tengah Provinsi Sumatera Barat, Desa Purwodadi dari Jambi dan Sekar Biru dari Provinsi Bangkabelitung, paparnya saat turun melakukan klarifikasih lapangan di Desa Bandargung.

Andi juga mengatakan, lomba desa sekarang sangatlah ketat, untuk meraih itu dibutuhkan kerja keras. Hal itu dibuktikan Desa Bandaragung. "Sebagai ketua tim saya sangat apresiasi itu,” tandasnya.

Diketahui, dari kondisi yang ada di lapangan Desa Bandaragung mempunyai kelebihan yang membuat Bandaragung mampu bersaing di tingkat nasional.

Kedatangan Tim Penilai isambut dengan drum band SMAN 1 Terusannyuyai dan Kesenian Pencak Silat yang menunjukkan nilai kearifan lokal desa setempat dan bahkan kehadiran rombongan pun mendapatkan antusias penuh dari seluruh masyarakat Kampung Bandaragung.

Dalam kesempatan tersebut tampak hadir Kepala Dinas PMDT Provinsi Lampung, Sekretaris Daerah, Ketua dan Wakil TP. PKK, Asisten, Kepala Perangkat Daerah, Camat juga Forkopimcam. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos