Dua Lembaga Sosial Komitmen Bantu Pemkab Lamsel

img
Sekdakab Lamsel Thamrin bersama jajaran pengurus ASB dan Paluma Nusantara

MOMENTUM, Kalianda--Organisasi sosial dan kemanusiaan asal Jerman, arbeiter samariter bund (ASB) bersama Paluma Nusantara (lembaga nonprofit) menyatakaan komitmen untuk terus melaksanakan program edukasi kesiapsiagaan dan ketangguhan desa dalam menghadapi bencana,  di Kabupaten Lampung Selatan.

Komitmen tersebut disampaikan dalam audensi jajaran pengurus ASB dan Paluma Nusantara dengan Sekertaris Daerah Kabupaten Lamsel Thamrin, Jumat (18-11-2022).

Crysant Lyli Kusmowardoyo selaku Country Director ASB Indonesia and The Philippines dalam audensi tersebut mengatakan, organisasi tersebut sudah bergerak di Kabupaten Lamsel sejak tahun 2018, pasca bencana tsunami yang melanda wilayah pesisir kabupaten setempat.

"Saat terjadi bencana tsunami pada tahun 2018, kami langsung turun ke Kabupaten Lampung Selatan, untuk melakukan berbagai upaya penanganan pasca bencana, khsusnya dalam  mengedukasi  masyarakat terkait kesiapsiagaan dan ketangguhan menghadapi bencana," kata Lyli.

Selain itu, ASB juga melakukan berbagai kajian bencana bersama sejumlah organisasi penyandang disabilitas selaku mitra kerja organisasi tersebut.

“Kami sangat berterimakasih atas kolaborasi dan kerjasama dengan Pemerintah Indonesia, khususnya Pemkab Lampung Selatan. Mudah-mudahan kerjasama ini dapat terus berlanjut," harapnya.

Menanggapi itu, Sekretaris Daerah Kabupaten Lampung Selatan Thamrin menyampaikan terima kasih atas komitmen ASB dan Paluma Nusantara melaksanakan program-program edukasi bencana di kabupaten setempat.

“Pak bupati menyampaikan apresiasi kepada teman-teman dari ASV dan  Paluma Nusantara yang selama ini  telah bekerjasama dengan Pemerintah Kabupaten Lampung Selatan terkait kejadian bencana yang telah kita lalui. Mudah-mudahan kerjasama ini terus berlanjut apalagi dengan ditambah program sosial ekonomi,” kata Thamrin.

Menurut Thamrin, saat ini program sosial ekonomi merupakan yang paling dibutuhkan oleh masyarakat Kabupaten Lamsel, khsusnya mereka yang terdampak bencana.

“Tentu kami sangat mendukung, jika ada program-program dari teman-teman ASB dan Paluma  Nusantara, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat," harapnya. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos