Besok, Pemprov Salurkan Bansos Inflasi

img
Kepala Dinas Sosial Lampung Aswarodi

MOMENTUM, Bandarlampung--Bantuan sosial (bansos) yang bersumber dari 2 persen dari dana transfer umum (DTU) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung bakal disalurkan pada Kamis (1-12-2022) besok.

Kepala Dinas Sosial Lampung Aswarodi mengatakan, bantuan tersebut diberikan kepada masyarakat yang terdampak inflasi.

"Insya Allah penyerahan secara simbolisnya akan dilakukan besok di Balai Desa Jatimulyo, Kecamatan Jatiagung, Kabupaten Lampung Selatan," kata Aswarodi, Rabu (30-11-2022).

Menurut dia, penyerahan secara simbolis akan langsung dilakukan oleh Gubernur Arinal Djunaidi.

Dia menjelaskan, bantuan tersebut disalurkan berupa uang tunai dengan total mencapai Rp10,6 miliar yang berasal dari DTU.

Dia merinci, total penerima bantuan mencapai 14.417 kepala keluarga (KK). Masing-masing penerima akan mendapatkan sebesar Rp750 ribu.

"Jadi bantuan itu diberikan untuk tiga bulan. Dari Oktober, November sampai Desember. Perbulannya Rp250 ribu," terangnya.

Untuk penyalurannya, pemprov akan bekerjasama dengan Agen Laku Pandai milik Bank Lampung tersebar di 15 kabupaten/kota.

"Jadi nanti mereka yang menentukan titik pembagiannya mau di mana. Dalam sehari agen Laku Pandai bisa melayani kurang lebih 100 KPM," jelasnya.

Dia menyebutkan, pembagian bantuan untuk pengendalian dampak inflasi itu ditargetkan selesai tanggal 23 Desember mendatang.

"Kalau belum ada yang mengambil maka uang akan dikembalikan ke kas daerah. Ini sudah kami sosialisasikan juga," sebutnya.

Dia juga meminta Dinas Sosial kabupaten/kota untuk mendata jumlah penerima yang merupakan masyarakat lanjut usia (lansia) dan penyandang disabilitas. "Jadi dari agen Laku Pandai akan menghantarkan secara langsung," ujarnya.

Dia berharap, masing-masing penerima bantuan bisa memanfaatkannya untuk membeli kebutuhan dasar sehari-hari. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos