Porprov IX, Lima Ribu Atlet Bakal Perebutkan 3.500 Medali

img
Foto bersama peserta Rapat Pleno Pelaksanaan Porprov IX Lampung

MOMENTUM, Bandarlampung--Pekan olahraga provinsi (Porprov) IX Lampung segera dimulai. 

Pada ajang tersebut bakal memperubat 3.500 medali dari 33 cabang olahraga (cabor) dengan 800 nomor pertandingan.

Hal itu disampaikan Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Lampung M Yusuf S Barusman usai Rapat Pleno Pelaksanaan Porprov IX di Gedung Pusiban, Rabu (30-11-2022).

"Porprov nanti bakal ada 33 cabor, 800 nomor pertanding, peserta lima ribu yang memperebutkan 3.500 medali," kata Yusuf. 

Menurut dia, seluruh kabupaten/kota sudah mengkonfirmasi keikutsertaannya pada ajang tingkat provinsi tersebut. 

Sementara, Sekretaris Provinsi (Sekprov) Lampung Fahrizal Darminto menjelaskan, kesiapan pelaksanaan porprov sudah seratus persen. 

Mulai dari lokasi pertandingan (venue), jadwal, transportasi hingga tim kesehatan telah disiapkan. 

"Seluruh venue sudah ditentukan, jadwalnya sudah, transportasi serta kesehatan sudah. Tinggal jalan saja," jelasnya.

Terpisah, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Lampung Descatama Paksi Moeda berharap, pelaksanaan Porprov IX bisa melahirkan bibit-bibit altet yang berkualitas dan berprestasi.

Sehingga, mereka bisa dipertandingkan pada kejuaraan tingkat nasional dan membawa nama baik Provinsi Lampung dalam dunia olahraga.

"Kita berharap melalui pelaksanaan Porprov ini bisa melahirkan bibit-bibit atlet yang berprestasi di Provinsi Lampung," kata Desca.

Dia menyebutkan, para atlet tersebut akan dipertandingkan di Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) dan PON pada masa mendatang.

"Nantinya mereka akan kita ikutsertakan pada kejuaraan-kejuaran nasional. Seperti Porwil dan PON (Pekan Olahraga Nasional)," tuturnya.

Dia mengatakan, pada Porprov IX, ada 33 cabang olahraga yang dipertandingkan. Seperti Atletik, Bola Basket, Bola Voli, Biliard, Bridge, Bulutangkis, Catur, e-Sport, Gulat dan Hapkido.

Kemudian, Judo, Karate, Kempo, Kick Boxing, Muaythai, Dance Sport, Binaraga, Renang, Panahan, Panjat Tebing, Pencak Silat, Sambo, Sepak Bola, Sepak Takraw, Softball, Tenis Lapangan, Tenis Meja, Taekwondo, Tarung Derajat, Tinju, Wushu, Sepeda dan Futsal.

"Berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Lampung, ada 33 cabang olahraga yang bakal dipertandingkan pada Porprov IX," ujarnya.

Desca mengatakan, untuk pembukaan Porprov dijadwalkan pada Senin (28-11) malam di Stadion Pahoman Bandarlampung. (**)









Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos