Pemkot Metro Salurkan Bantuan Benin Padi

img
Penyerahan bantuan benih padi varietas ciherag dari Pemkot Metro untuk Poktan di Kecamatan Metro Timur

MOMENTUM, Metro--Pemerintah Kota Metro memberikan bantuan benih padi varietas ciherang kepada kelompok tani di Kecamatan Metro Timur. 

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan Kota Metro Herry Wiratno mengatakan, bantuan benih itu untuk meningkatkan hasil produksi padi.  

"Kita seragamkan penanaman padi di Metro. Supaya nanti hasil panen bisa diprediksi dan memenuhi kebutuhan pangan," kata dia, Sabtu (24-12-2022).

Dia menambahkan, selain memenuhi kebutuhan pangan, dengan adanya peningkatan produktivitas  padi juga bisa membantu meningkatkan perekonomian masyarakat, khsusnya para petani di Metro. 

"Secara tidak langsung, petani akan merasakan peningkatan ekonomi yang pesat. Selain itu, padi ciherang ini juga menjadi atensi kerjasama antar daerah. Kita juga diminta untuk menyuplai kebutuhan gabah di DKI Jakarta," tambahnya. 

"Kita memilih varietas ciherang ini karena permintaan DKI Jakarta, meminta beras yang diproduksi Metro jenis Ciherang," lanjutnya. 

Dia menyebut, produktifitas varietas padi ciherang bisa mencapai 6 toh perhektar. Luas areal tanam di Kota Metro pada masa tanam satu mencapai 2.948 hektare 

"Kita upayakan para petani bisa mengatur pola tanam. Selain itu, petani juga harus bisa menyesuaikan ketersediaan air untuk memenuhi kebutuhan tanaman," terangnya.(**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos