HUT ke-22, BAZNAS Lampung Gelar Khataman Al-Quran hingga Santuni Santri

img
Ketua Baznas Lampung H. Iskandar Zulkarnain (kanan) menyerahkan santunan kepada santri.

MOMENTUM, Bandarlampung--Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) menyelenggarakan Khataman Al Quran seluruh Indonesia.

Provinsi Lampung pun menggelar kegiatan Khataman Al Quran 30 juz sekaligus menyantuni santri di kantor BAZNAS Lampung Jalan Soekarno-Hatta Komplek Islamic Center Rajabasa Bandarlampung, Selasa (17-1-2023).

Kegiatan itu dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-22 BAZNAS RI, yang bertepatan pada Selasa 17 Januari 2023.

Khataman Al Quran di Baznas Lampung diikuti oleh Ketua Baznas Lampung H. Iskandar Zulkarnain, Wakil Ketua Luqmanul Hakim, Komarunnizar dan Indriani Dewi Avitoningsih. 

Khataman Al-Quran mengundang 22 Pondok Pesantren dan Lembaga Pendidikan di Bandarlampung berjumlah 30 santri. Sehingga masing-masing santri membaca satu juz yang kemudia ditutup dengan membaca syurat-syurat pendek dipimpin oleh Wakil Ketua Baznas Lampung Komarunizar.

Ketua Baznas Lampung H. Iskandar Zulkarnain mengatakan, kegiatan Khataman Al Quran dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia termasuk Baznas kabupaten/kota se provinsi setempat.

Iskandar mengatakan, Baznas akan membantu biasiswa untuk santri penghafal Al Quran untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi. "Semoga dengan usia ke-22 dan dengan doa kita semua Baznas akan tetap istiqomah dalam menjalankan amanat umat," ujar Iskandar.

Menurut Iskandar, khataman Al Quran menjadi sebuah keberkahan bagi BAZNAS. Tidak hanya membumikan Al-Quran, tetapi juga diharapkan peran BAZNAS selama ini mampu memberikan keberkahan bagi para muzaki dan mustahik.

Baznas Provinsi Lampung dalam kesempatan ini memberi santunan kepada puluhan santri di Bandarlampung. Sesuai dengan hari ulang tahun Baznas ke-22, maka pihaknya mengundang 22 pondok pesantren dan lembaga pendidikan untuk menghadiri puncak HUT BAZNAS.

Menurut Iskandar, santunan ini diberikan sebagai wujud syukur HUT ke-22 BAZNAS. "Mudah-mudahan kegiatan ini dapat memberikan keberkahan bagi kita semua serta mampu menguatkan visi BAZNAS yakni menjadi Lembaga Utama Mensejahterakan Umat," ujar Iskandar.

Secara nasional, pelaksanaan Khataman Al Quran telah dimulai sejak 10 Januari 2023 yang diselenggarakan secara hybrid dan diikuti oleh BAZNAS RI, BAZNAS Provinsi/Kabupaten/Kota, Santri Sekolah Cendekia BAZNAS, Penerima Beasiswa Cendekia BAZNAS, Penerima Beasiswa Mahad Aly, serta Pesantren Penerima Beasiswa BAZNAS.

Dengan mengambil tema "Berkah Zakat: Terima Kasih Muzaki, Terima Kasih Mustahik". Puncak peringatan HUT BAZNAS ke-22 menggelar Khataman Quran dengan membaca 1 juz (juz 30) oleh 10 orang di Aula Achmad Subianto Lt. 5 Gedung Kebangkitan Zakat BAZNAS RI Pusat secara live, Selasa (17-1-2023).

"Alhamdulillah, program Khataman Al Quran ini disambut dengan antusiasme yang positif dari BAZNAS se-Indonesia sehingga program ini dapat berjalan sesuai dengan target yang ditentukan kepada masing-masing peserta Khataman Quran," ujar Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA. (**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos