Soroti Ongkos Haji, Ahmad Muzani: Itu Terlalu Berat

img
Sekjen Gerindra Ahmad Muzani saat menyampaikan sambutan pada Rakerda di Graha Wangsa Bandarlampung./Ikhsan

MOMENTUM, Bandarlampung--Saat rapat kerja daerah (Rakerda), dalam sambutannya Sekertaris Jenderal Partai Gerindra Ahmad Muzani sedikit membahas usulan Kementerian Agama terkait pengajuan kenaikan ongkos naik haji (ONH) reguler.

Muzani yang juga Wakil Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI menganggap hal itu terlalu berat untuk masyarakat.

"Menurut pandangan kami, jumlah ONH yang diajukan kemenag sebesar Rp69 juta. Itu terlalu berat," jelas Muzani saat memberikan sambutan Rakerda Gerindra Lampung, di Graha Wangsa, Senin (30-1-2023).

Dia melanjutkan, hal itu lebih berat lagi dikarenakan masyarakat tetap harus menunggu keberangkatan ke tanah suci selama bertahun-tahun.

"Berdasarkan data yang kami miliki, masyarakat Lampung harus menunggu keberangkatan haji selama 21 tahun, Sumatera Selatan 22 tahun, Jawa 25 tahun, Aceh 35 tahun, dan di Sulawesi Selatan harus menunggu 40 tahun untuk bisa menunaikan ibadah haji," terang dia.

Muzani juga menegaskan sangat mengerti biaya perjalanan, konsumsi, dan komponen lainnya memang naik. "Saya sangat tahu mengenai biaya riil naik haji cukup tinggi, tapi untuk jumlah Rp69 juta bagi saya itu terlalu besar," kata dia.

"Dari itu saya minta, untuk Fraksi Partai Gerinda terutama dikomisi VIII berunding lagi dengan pemerintah untuk menurunkan biaya tersebut," tandasnya.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos