KPU Pesawaran Rekrut Petugas Pemutakhir Data Pemilih

img
Pelayanan pendaftaran seleksi petugas Pantarlih KPU Pesawaran.

MOMENTUM, Gedongtataan--Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pesawaran mulai buka pendaftaran seleksi untuk petugas pemutakhiran data pemilih (Pantarlih) Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Ketua KPU Pesawaran Yatin Putro Sugino mengatakan, pendaftaran dimulai 26-31 Januari 2023. Dilanjutkan dengan penelitian administrasi yang dijadwalkan mulai 27 Januari hingga 2 Februari 2023.

"Untuk pengumuman hasil seleksi calon Pantarlih itu pada 3-5 Februari 2023, dan penetapannya pada 5 Februari 2023, dilanjutkan dengan pelantikan yang dijadwalkan pada 6 Februari mendatang," kata dia, Senin (30-1-2023).

Dia mengatakan, dalam seleksi calon Pantarlih itu melalui Panitia Pemungutan Suara (PPS) diseluruh desa yang ada di 11 Kecamatan se-Kabupaten Pesawaran secara terbuka dengan memperhatikan kompetensi, kapasitas, integritas, dan kemandirian. 

"Penerimaan berkas hingga penelitian administrasi itu dilaksanakan oleh PPS, karena itu, bagi masyarakat yang hendak mendaftar sebagai calon Pantarlih bisa mengajukan berkas pendaftarannya ke PPS di masing-masing wilayahnya," katanya. 

Pantarlih Pemilu 2024 itu dibentuk oleh PPS dan berkedudukan di lingkungan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di setiap desa. Untuk itu, setiap TPS akan memiliki satu orang Pantarlih yang diangkat oleh PPS atas nama KPU Kabupaten Pesawaran. 

"Jadi Pantarlih ini, bertugas untuk melaksanakan penelitian dan juga pencocokan untuk data pemilih yang ada, dalam rangka membantu pekerjaan KPU, PPK dan PPS, dalam melakukan pemutakhiran data pemilih dan juga melakukan penyusunan data," jelas dia. 

"Penerimaan Pantarlih ini juga sesuai dengan TPS yang ada di Pesawaran, pada pemilu 2024 ini jumlah TPS kita terdapat 1.395 TPS yang telah kita ajukan ke KPU RI, jadi kita membutuhkan Pantarlih sejumlah itu juga," katanya.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos