Rumah Semi Permanen di Kotaagung Habis Terbakar

img
Rumah terbakar dalam keadaan kosong di kawasan padat penduduk di Kelurahan Kuripan, Kotaagung.

MOMENTUM, Kotaagung--Si jago merah menghanguskan satu unit rumah semi permanen di kawasan padat penduduk Jalan Pelita RT 07, RW 3, Madang I, Kelurahan Kuripan, Kecamatan Kotaagung.

Rumah yang sekitar 70 persen terbuat dari kayu itu membuat api dengan cepat berkobar dan membakar habis rumah milik Eviani. Peristiwa itu terjadi pada Kamis 9 Februari 2023 sekitar pukul 17.30 WIB.

Pada saat kejadian, kondisi rumah dalam keadaan kosong. Pemiliknya berada di Jakarta. Sebelumnya, rumah itu dikontrakkan hingga Agustus 2022.

Warga yang melihat kejadian tersebut berupaya memadamkan api dengan peralatan seadanya sambil menunggu bantuan dari petugas Damkar Kabupaten Tanggamus.

Sekitar pukul 17.35 personel dari Koramil 424-03/Kotaagung, Polsek Kotaagung, tiba di lokasi. Bersama warga membantu mengamankan lokasi serta memadamkan api.

Pukul 18.00 WIB, petugas Damkar Kabupaten Tanggamus tiba di lokasi. Kobaran api berhasil dipadamkan pada sekitar pukul 18.30 WIB.

Ketua RT 07, Kelurahan Kuripan, Kecamatan Kotagagung, Hamzah mengatakan, rumah semi permanen tersebut lama kosong lantaranpemiliknya merantau ke Jakarta.

“Pemilik rumah namanya Evi. Sebelumnya ada yang ngontrak. Namun sudan beberapa bulan rumah itu kosong.Tidak ada korban jiwa. Ditaksir kerugian mencapai puluhan juta rupiah,” kata Hamzah.

Sementara itu, Kepala Bidang Pencegahan, di Dinas Damkar dan Penyelamatan Kabupaten Tanggamus, Wildan mengatakan, menerjunkan satu armada damkar dari Pos Kotaagung dengan 12 personel.

“Begitu mendapat laporan warga, armada damkar langsung meluncur kelokasi, sekitar 30 menit, api berhasil kita padamkan, Alhamdulillah dalam proses pemadaman tidak ada kendala, kita juga dibantu oleh masyarakat setempat pada saat pemadaman berlangsung,”ujar Wildan mewakili Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan Alkat Alamsyah.

Menurut Wildan, penyebab kebakaran diduga akibat hubungan arus pendek listrik (korsleting). “,Ya,dugaan sementara karena korsleting listrik,”kata dia.

Sementara itu, Sekretaris Camat Kotaagung Adi Putra mengimbau kepada masyarakat untuk lebih teliti dan hati hati, guna mengantisipasi musibah kebakaran serupa terjadi kembali, terlebih lanjutnya saat ini masih musim kemarau.

“Pada saat keluar rumah, agar segera berhati hati, memeriksa dapur serta arus listrik agar supaya dimatikan terlebih dahulu, sehingga meminimalisir kebakaran,” tandasnya. (*)






Editor: Muhammad Furqon





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos