Pemkab Pringsewu akan Bangun Trotoar di Sisi Jalan Jenderal Sudirman

img
Sosialisasi pembangunan trotoar di Kabupaten Pringsewu

MOMENTUM, Pringsewu--Pemerintah Kabupaten Pringsewu menyosialisasikan rencana pembangunan trotoar di sepanjang sisi Jalan Jenderal Sudirman, Kecamatan Pringsewu.Sosialiasi itu ditujukan kepada warga pemilik lahan dan bangunan sisi ruas jalan tersebut.

Sosialisasi yang berlangsung di Aula Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kabupaten Pringsewu itu, dibuka Penjabat Bupati setempat Adi Erlansyah,baru-baru ini. 

"Rencana pembangunan trotoar ini, bagian dari upaya penataan wajah ibukota Kabupaten Pringsewu,"kata Adi. 

Selain itu, lanjut dia, pembangunan trotoar itu juga sebagai bentuk pemenuhan hak publik, terutama para pejalan kaki. "Di kota-kota yang maju, salah satu kebutuhan untuk membuat nyaman penghuninya adalah tersedianya jalur pedestrian atau trotoar, karena di sana ada hak bagi pejalan kaki dan penyandang disabilitas," terangnya. 

Dia menyebut, pembangunan trotoar itu memerlukan biaya yang tidak sedikit. "Proses pembangunanya akan dilakukan bertahap disesuaikan dengan kemampuan keuangan daerah. Tahap pertama, berdasarkan kajian akan dimulai pada jalur sebelah kanan, sepanjang 550 meter," ungkapnya.

Rencanya awal, trotoar itu akan dibangunan dari Jalan Jenderal Sudirman memutar ke Jalan Veteran dan Jalan KH. Ghalib Raya sepanjang lebih kurang satu kilometer.  

Namun, karena keterbatasan anggaran, untuk sementara pembangunan trotoar dilakukan bertahap di sisi utara Jalan Jenderal Sudirman. "Untuk  sisi selatan, jika memungkinkan kita akan bangun terlebih dahulu drainasenya sebelum dibangun trotoarnya,"terangnya.

Untuk kelancaran proses pembangunan, Pemkab Pringsewu juga akan berkonsultasi dengan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Kementerian PUPR, karena Jalan Jenderal Sudirman merupakan jalan nasional. 

"Kita sudah mendapat rekomendasi dari Kementerian PUPR dan mendapat izin untuk membangun trotoar di Jalan Jenderal Sudirman. Tetapi, kita juga diminta untuk membangun saluran drainase tertutup,"terangnya. 

Selain para pejabat  pejabat Pemkab Pringsewu, turut hadir dalam sosialisasi itu: Kabag Ops Polres Pringsewu Kompol.Kisron, dan sejumlah pejabat dari instansi vertikal terkait. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos