Puluhan CASN Pringsewu Terima STTPD

img
Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah menyerahkan petikan STTPD kepada CASN setempat

MOMENTUM, Pringsewu--Puluhan calon aparatur sipil negara (CASN) angkatan tahun 2022 menerima Petikan Surat Tanda Tamat Pelatihan Dasar (STTPD) dan Surat Keputusan Badan Kepegawaian Nasional (BKN) tentan Pencantuman Gelar Akademik ASN.

Petiakan kedua surat tersebut, secara simbolis diserahkan Penjabat Bupati Pringsewu Adi Erlansyah di aula kantor pemkab setempat, Selasa (14-2-2023).

Kepala BKPSDM Kabupaten Pringsewu Eko Sumarmi mengatakan, jumlah CASN yang menerima petikan kedua surat tersebut 61 orang.

"Pelatihan Dasar CASN golongan III angkatan XXV dilaksanakan 17 Oktober sampai 20 Desember 2022, diikuti 28 peserta: 19 wanita dan 9 pria," kata Eko.

Sedangkan untuk golongan II angkatan XXVII dilaksanakan pada 20 Oktober sampai 24 Desember 2022, diikuti 33 peserta, terdiri dari: 29 wanita dan 4 pria. 

Sebelumnya, Pj Bupati Pringsewu Adi Elansyah menyampaikan, salah satu persyaratan untuk mengikuti tugas belajar adalah, ASN yang memiliki masa kerja paling singkat satu tahun sejak diangkat sebagai CASN. "Karena itu, jika CASN yang telah memiliki ijazah lebih tinggi sebelum diangkat menjadi CASN, hendaknya segera melapor ke BKPSDM," kata Adi.

Aturan tersebut, sesuai Surat Edaran Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Nomor: 28 Tahun 2021 tentang Pengembangan Kompetensi Bagi Aparatur Sipil Negera melalui Jalur Pendidikan.

"Peningkatan pendidikan adalah pengakuan yang diberikan bagi ASN yang telah selesai menempuh pendidikan yang lebih tinggi sesuai dengan ketentuan," terangnya. 

Sedangkan, pengusulan pencantuman gelar pendidikan yang sebelumnya secara manual, sekarang dilakukan melalui Sistem Informasi Aparatur Sipil Negara (SIASN).

 "Sejak 1 Oktober 2022, Pemkab Pringsewu sudah menggunakan SIASN, yang juga menjadi pilot project bersama 217 kabupaten/kota serta instansi vertikal lainnya. Pelayanan pencantuman gelar pada 2023 ini bisa dilakukan mulai April, Mei, Oktober dan November 2023," paparnya. 

Sedangkan terkait Pelatihan Dasar (Latsar), kata Pj. Bupati Pringsewu, dimaksudkan untuk memberikan pengetahuan dalam rangka pembentukan wawasan kebangsaan, kepribadian dan etika ASN agar mampu melaksanakan tugas dan perannya sebagai pelayan masyarakat dengna baik. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos