Coklit Data Pemilih di Pesawaran Capai 99,9 Persen

img
Komisioner KPU Pesawaran, Dody Afriyanto.

MOMENTUM, Gedongtataan--Sehari menjelang berakhirnya tahapan Pencocokan dan Penilitian (Coklit) data pemilih untuk Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 tercatat mencapai 99,99 persen.

Komisioner bidang Perencanaan Data dan Informasi KPU Pesawaran Dody Afriyanto mengatakan, hari ke-29 Coklit telah terdapat beberapa kecamatan yang sudah mencapai 100 persen. 

"Dari sesbelas kecamatan, sudah ada enam kecamatan yang pencoklitannya mencapai 100 persen,  lima kecamatan sisanya sudah mencapai 99,9 persen. Kemungkinan sore ini sudah selesai semua," katanya, Senin (13-3-2023).

Dia mengatakan, pencoklitan ini berakhir pada tanggal 14 Maret, setelah tanggal tersebut sudah tidak ada lagi pencoklitan. 

"Nanti setelah KPU menetapkan Daftar Pemilih Sementara (DPS), ada tahapan tanggapan atau masukan dari masyarakat, nah bagi warga yang belum masuk saat pencoklitan bisa diakomodir yang belum masuk dalam daftar pemilih dengan catatan tanggapan atau masukan itu harus disertai data pendukung autentiknya," tuturnya. 

"Kemudian jika pada tahapan penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT), masih ada warga yang belum terdaftar pasca penetapan DPT tersebut, maka masyarakat dapat menggunakan hak pilihnya dengan menunjukan KTP-El di TPS sesuai alamat yang tertera di E-KTP mereka masuk dalam Daftar Pemilih Khusus (DPK)," kata dia. 

Menurutnya, selesai tahapan Coklit rampung, pihaknya akan melakukan rekap ditingkat desa, dilanjutkan tingkat kecamatan, kemudian tingkat kabupaten, provinsi sampai Nasional. 

"Kalau rekap ini sudah kita lakukan, baru diketahui apakah ada penambahan jumlah pemilih ataupun pengurangan dari data sebelumnya," katanya.(**)






Editor: Agus Setyawan





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos