Tim Sekretariat Militer Presiden Kunjungi Pringsewu

img
Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama Pj Bupati Pringsewu Adi Erlansyah mendamping kunjungan Tim Sekretariat Militer Presiden dan Kementerian Pertanian

MOMENTUM, Pringsewu--Gubernur Lampung Arinal Djunaidi diusulkan untuk menerima penghargaan Satya Lencana Wira Karya dari Presiden Republik Indonesia Joko Widodo.

Proses pemberian penghargaan tersebut terungkap dari kunjungan Tim Sekretariat Militer Presiden dan Kementerian Pertanian ke Kabupaten Pringsewu,  Rabu (15-3-2023). 

Kunjungan Tim Sekretariat Militer Presiden dan Kementerian Pertanian itu untuk melakukan verifikasi pelaksanaan program Gubernur Lampung, terkait dengan usulan penghargaan tersebut.

Dihadapan Tim Sekretariat Militer Presiden dan Kementerian Pertania, Pj. Bupati Pringsewu Adi Erlansyah mengatakan, salah satu program unggulan Gubernur Lampung yang sukses dilaksanakan di kabupaten setempat adalah  Kartu Petani Berjaya (KPB). 

Program tersebut  dilaksanakan sejak tahu 2019 dan resmi diluncurkan oleh Gubernur Lampungpada 1 Desember 2020 di Pekon Sriwungu, Kecamatan Banyumas. "Lalu pada 12 Mei 2022 dilakukan implementasi program KPB serentak di sembilan kecamatan se-Kabupaten Pringsewu," kata Adi. 

Secara umum program KPB bertujuan meningkatkan  pendapatan petani. 

Melalui KPB petani mendapatkan berbagai kemudahan, seperti: jaminan benih atau bibit,  pasokan pupuk bersubdisi, kredit permodalan, dan asuransi usaha pertanian. Bukan hanya itu, melalui KPB anak-anak petani juga bisa mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan pendidikan ke jejang perguruan tinggi.

"Program ini didasarkan pada Peraturan Gubernur Lampung Nomor: 09 Tahun 2020, yang menghubungkan semua kepentingan dengan tujuan mencapai kesejahteraan petani dan semua pihak yang terlibat dalam proses pertanian secara bersama-sama," jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, tim verifikasi juga berdialog dan melakukan tanya jawab langsung dengan sejumlah pihak terkait, antara lain: perbankan dn para petani peserta program KPB. 

Turut hadir mendampingi kunjungan tim verifikasi tersebut: Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama sejumlah pejabat pemprov setempat dan jajaran Forkopimda Pringsewu. (**)






Editor: Munizar





Leave a Comment

Tags Berita

Featured Videos